Jowonews

Logo Jowonews Brown

Madhang

Es Pak San Gurih Gandem Cilacap, Es Campur Legendaris Sejak 1957

Es Pak San Gurih Gandem

Selain terkenal dengan kuliner seafoodnya, Cilacap juga memiliki kuliner legendaris yang patut dinikmati kesegarannya. Es Pak San Gurih Gandem, es campur yang sudah ada sejak tahun 1957.

Warung Es Pak San berada di Jalan May. L Wiratno, Gobog, Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan. Sebelumnya lokasi warung ini berpindah-pindah tempat. Hingga akhirnya menetap di lokasi sekarang.

Warung es ini dianggap legendaris karena berhasil bertahan melalui lintas zaman. Bahkan hingga kini, es campur ini masih digemari generasi sekarang.

Pak San selaku pendiri telah tutup usia. Usaha ini sekarang diteruskan anaknya, Waginah, dengan tetap menjaga resep aslinya. Setidaknya sudah dua puluh lima tahunan Waginah telah meracik es campur untuk pelanggannya.

Es Campur Pak San Cilacap tercipta berawal dari beberapa kali percobaan Pak San dalam meracik es campur. Hingga akhirnya terciptalah resep es campur terbaik yang berbeda dengan es campur pada umumnya. Resep inilah yang kemudian digunakan hingga sekarang.

Jika es campur pada umumnya berisi potongan buah-buah segar, Es Pak San berisi beberapa buah yang telah diolah terlebih dahulu menjadi manisan. Inilah yang menjadi ciri khas dan daya tarik tersendiri dari Warung Es Campur Pak San.

Menurut Waginah, semua bahan-bahan yang biasa digunakan untuk membuat es campur diolah. Hingga akhirnya ketemu komposisi bahan yang sekarang yang terdiri dari labu siam, kelapa muda, pepaya, kolang-kaling, belimbing, dan salak yang dibuat manisan.

Bahan-bahan tersebut semuanya harus berubah rasa dan bentuknya. Kemudian harus diolah terlebih dahulu hingga berubah dari rasa asli buahnya. Apabila masih memiliki kesamaan dengan bentuk dan rasa aslinya, maka bisa dipastikan itu bukan Es Pak San.

BACA JUGA  Jenang Lot Karya Sari, Jenang Kenyal Oleh-oleh Khas Magelang

Hal paling istimewa dari es campur ini adalah tidak menggunakan bahan tambahan lain seperti susu yang membuatnya jadi semakin manis. Di sini hanya ada gula asli dan sirup untuk memastikan kualitas manisnya tetap terjaga.

Karena kepopulerannya, warung Es Pak San ini kerap dikunjungi pejabat dan artis papan atas seperti Lucky Hakim, Vicky Shu, Guntur Soekarno Putra dan beberapa tokoh lainnya.

Selain dari wilayah Cilacap, penikmat Es Pak San juga datang dari luar kota seperti Purwokerto, Purbalingga dan juga Kebumen.

Warung Es Pak San buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB. Bagi yang menggunakan kendaraan dapat menggunakan navigasi Google Map di bawah ini atau klik di sini.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Baca juga berita lainnya...