Jowonews

Logo Jowonews Brown

Evakuasi Korban Asap Dilakukan  Dengan Perbanyak Rumah Singgah

JAKARTA, Jowonews.com – Operasi kemanusiaan bagi masyarakat yang terpapar asap pekat di Sumatera dan Kalimantan terus dilakukan Pemerintah dan Pemda.Penderita ISPA mencapai 505.527 jiwa sejak Juli hingga sekarang.

Menurut Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB‎, beberapa Pemda telah membangun rumah singgah atau tempat evakuasi di gedung-gedung Pemda. Seperti Kota Pekanbaru, Palangkaraya, Bengkalis, Palembangan, Katingan.

“Beberapa NGO dan relawan juga mendirikan rumah singgah yang dilengkapi pembersih udara, pelayanan kesehatan, obat-obatan, tenaga medis,”ungkapnya, Selasa (27/10). 

Sebagian masyarakat berkunjung ke rumah singgah tersebut. Namun secara umum sebagian besar masyarakat belum bersedia berkunjung. Alasannya karena jauh, merasa tetap nyaman di rumahnya, harus tetap bekerja dan melakukan kegiatan rutin. Ini adalah salah satu ciri khas masyarakat kita yang memiliki keterikatan terhadap tempat tinggalnya (place attachment).

“Masyarakat enggan untuk dievakuasi ke tempat yang lebih jauh dengan berbagai alasan. Inginnya evakuasi di tempat yang dekat rumah. Tetap berdekatan dengan kerabat dan tetangganya. Sangat sosiologis hal ini,”katanya. ‎

Untuk itu penetapan lokasi evakuasi, diupayakan yang berdekatan dengan tempat tinggalnya. Evakuasi ke kota atau daerah lain merupakan pilihan terakhir. Tabung oksigen dan penyaring udara sedang diperbanyak. 

TNI AL mengalokasikan  11 KRI termasuk 1 Kapal RS. KRI Banda Aceh, KRI Teluk Jakarta dan KRI Dr. Suharso sudah berada di Banjarmasin. Pelni juga menyiapkan 2 Kapal yg sewaktu-waktu dpt digerakkan. Penggunaan kapal ini untuk kondisi yang sifatnya ekstrem yaitu dievakuasi ke tempat lain atau ditempatkan di ruang-ruang di kapal. 

Saat ini masih dilakukan pendataan jumlah rumah singgah yang ada. BNPB mengirimkan 450 velbed dan tabung gas oksigen untuk mendukung rumah singgah. (JN01/JN03)

BACA JUGA  Enam Ribu Jamaah Haji Tiba di Tanah Air

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...