Jowonews

Logo Jowonews Brown

Fluktuasi Harga Sembako Belum Mengkhawatirkan

SEMARANG, Jowonews.com – Fluktuasi atasu perubahan harga sembako di berbagai pasar tradisional di Jawa Tengah saat ini dinilai masih dalam batas kewajaran. Tidak ada gejolak harga seiring dengan kebijakan penurunan harga BBM oleh pemerintah.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah menyatakan bahwa kenaikan harga sembako masih dalam batas wajar karena tidak lebih dari 10 persen.
“Kenaikan harga dianggap tidak wajar jika lebih dari 10 persen. Kalau sejauh ini, masih dalam batas aman,” kata Kepala Disperindag Jawa Tengah Priyo Anggoro, di Semarang.

Untuk menjaga kenaikan harga agar tidak melampaui batas wajar, pihaknya terus melakukan pantauan ke sejumlah pasar tradisional di Jawa Tengah. “Untuk melakukan pantauan ini, kami tidak menunggu momentum-momentum besar, pada hari-hari normal seperti ini tetap kami lakukan,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga memperkuat koordinasi dengan Disperindag kabupaten/kota di Jawa Tengah. Menurutnya, selama koordinasi terjalin dengan baik dan permasalahan di lapangan akan dapat diselesaikan dengan cepat.

Mengenai penaikan harga sejumlah komoditas sembako yang saat ini masih terjadi, pihaknya menyatakan hal tersebut wajar mengingat saat ini sedang musim hujan sehingga panen tidak berjalan lancar. “Memang volume panen berkurang, kondisi ini berdampak pada stok sembako di pasaran, lajunya tidak normal,” tandasnya. (JN19/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...