Jowonews

Logo Jowonews Brown

Gagal Bangun Kampung Nelayan, DKP Jateng Tuding Kementrian PUPR Hanya Main-main

SEMARANG, Jowonews.com – Pembangunan kampung nelayan di Kabupaten Demak oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat batal dilaksanakan, kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah Lalu Muhammad Syafriadi.

“Saya baru saja dapat informasi bahwa pembangunan kampung nelayan berupa rumah susun sewa di Desa Purworejo, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak, batal karena Kementerian PUPR yang awalnya siap membantu pendanaan ternyata memberikan syarat terlalu rumit,” katanya saat dihubungi melalui telepon di Semarang, Minggu petang.

Ia menjelaskan bahwa sebelumnya Kementerian PUPR telah merencanakan pembangunan kampung nelayan di Kabupaten Demak pada tahun 2015 melalui program “Seribu Kampung Nelayan Mandiri, Tangguh, Indah, dan Maju”.

“Bahkan, rencana pembangunan kampung nelayan tersebut sudah dianggarkan pada APBN 2015. Namun, akhirnya batal karena sejumlah kendala,” ujarnya.

Ia mengungkapkan salah satu kendala batalnya pembangunan kampung nelayan itu adalah pengadaan lahan.

“Kementerian PUPR memberikan syarat tanah yang ada harus bersertifikat milik Pemkab Demak, sedangkan kondisi yang ada tanah tersebut adalah tanah desa dengan status Letter C,” katanya.

Selain itu, kata dia, Kementerian PUPR tidak menganggarkan lagi alokasi dana untuk pembangunan kampung nelayan pada APBN 2016.

“Menurut saya, Kementerian PUPR hanya main-main, tidak serius (dalam membangun kampung nelayan di Demak),” katanya. (Jn16/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...