Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Ganjar Fokuskan Perbaikan Jalan Perbatasan

SEMARANG, Jowonews.com – Pemprov Jateng akan memprioritas pembangunan infrastruktur tahun 2016 pada peningkatan ruas jalan perbatasan provinsi dan ruas jalan yang mendukung pariwisata. Selain itu, juga diprioritaskan untuk daerah rawan bencana serta daerah strategis lainnya.

“Total panjang jalan provinsi yang direncanakan ditangani dengan kegiatan peningkatan pada tahun anggaran 2016 sepanjang 382,22 kilometer. Selain program peningkatan kapasitas jalan, direncanakan jugaa pelebaran jembatan sepanjang 397 meter,” ungkap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ia membeberkan, prioritas peningkatan ruas jalan di perbatasan provinsi meliputi perbatasan Provinsi DIY (Purworejo-Sibolong, Karangwuni-Cawas-Jentir, Namengan-Krendetan, Wonogiri-Manyaran-Blimbing), perbatasan Provinsi Jawa Timur (Purwantoro-Nawangan, Ngadirojo-Biting, Lasem-Sale, Singget-Doplang-Cepu), perbatasan Provinsi Jawa Barat (Ketanggungan-Kersana-Bantarsari). “Total ruas jalan sepanjang 43,5 kilometer,” imbuhnya.

Sedangkan prioritas peningkatan ruas jalan provinsi yang mendukung pariwisata, lanjut ganjar, meliputi Batur – Dieng (wisata Dieng), Jatinegara-Slawi (Agro Wisata Guci), Magelang-Salaman (Candi Borobudur), Wadaslintang-Selokromo dan Prembun-Wadaslintang (Waduk Wadaslintang), Blabak-Jrakah/Selo (Agrowisata Karangpandan), Wuryantoro-Eromoko-Pracimantoro (Waduk Gajahmungkur dan Museum Karst) dengan total ruas sepanjang 34,66 kilometer.

Terkait perbaikan jembatan penghubung kabupaten/kota yang merupakan bagian dari ruas jalan kabupaten/kota ditangani melalui mekanisme bantuan keuangan sesuai prioritas usulan yang disampaikan kabupaten/kota. “Untuk antisipasi memasuki musim penghujan, akan diintensifkan fungsi pengawas atau mandor jalan. Selain itu, juga dioptimalkan alat berat yang tersedia di beberapa balai sehingga kerusakan yang ada segera dapat diperbaiki,” tandas mantan anggota DPR RI itu. (JN01/JN03)

BACA JUGA  Meski Pandemi, Warga Boleh Gelar Tirakatan 17 Agustusan

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...