Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Gaya Mengajar Baru TPQ: Dongeng Ngabuburit Ala Sriboga

KENDAL, Jowonews.com –  Pada suatu ketika setan kurus ketemu dengan setan gemuk. Masing-masing bercerita kenapa setan bisa kurus dan gemuk. Setan kurus pun bercerita kalau dia menggoda anak yang selalu salat dan berdoa ketika mengerjakan sesuatu. Setan gemuk pun brcerita kalau dia menggoda anak yang bernama si klowor. Si klowor ini tidak mau brangkat TPQ, malas salat dan tidak pernah berdoa.

Itulah sekelumit cerita yang dibawakan oleh Kak farid di TPQ Alkholilliyah Kebonharjo Patebon Kendal. Dengan ditemani boneka Salih, Kak Farid mampu menyihir anak-anak TPQ untuk terlibat aktif dongeng ngabuburit tersebut. Terlihat anak-anak berekspresi sesuai dengan cerita yang dibawakan oleh Kak Farid.

Dongeng ngabuburit merupakan rangkaian program Berbagi Buka Bersama PT Sriboga Flour Mill yang bekerjasama dengan Rumah Zakat. Menurut Siti Munawaroh selaku perwakilan Rumah Zakat, pada Ramadhan 1347 H ini, Kabupaten Kendal diamanahi untuk membagikan 500 paket buka bersama. Ke 500 paket tersebut terbagi menjadi 7 titik penyaluran.

Lebih Lanjut Siti menerangan bahwa pembagian paket tersebut didistribusikan kepada santri TPQ, majelis pengajian mapun pondok pesantren dengan segmen anak-anak. Diantaranya Panti Asuhan, TPQ Roudhotut Tholibn Lanji Patebon, Pengajian Dzikrul Ghofilin Kumpulejo ptebon, Majelis taklim At At Taqwa Pegandon, Rumah Tahfidz Robbani Kendal.

“Khusus untuk Kendal, kegiatan tersebut dikemas menjadi dongeng ngabuburit” terang Siti Munawaroh.Yaitu mengisi waktu menunggu berbuka dengan kegiatan bagi anak-anak.   “masa anak-anak merupakan masa pmbelajaran untuk berpuasa. Pada waktu sore hari kadang-kadang anak-anak sudah tidak sabar untuk berbuka. Makanya dengan kemasan kegiatan mendongeng seperti ini diharapakan akan menghibur anak-anak ketika menunggu buka puasa” jelas Siti.

Selain itu isi dongeng diarahkan dengan materi-materi keislaman. “dengan kemasan dongeng, anak-anak akan lebih enjoy menerima pembelajaran atau nasehat yang disampaikan” jelas Siti. Ternyata permintaan dari berbagai TPQ atau pengajian anak anak membludak.”Kami harap tahun depan bisa dialokasikan lebih banyak,”harap Siti.

BACA JUGA  Di Kendal, Urus Dokumen Kependudukan Cukup di Kecamatan

Sementara itu, Ky Azib selaku Kepala Sekolah TPQ Al Kholiliyah sangat antusias dengan kegiatan dongen ngabuburit ini. “ini metode pembelajaran baru yang kami temui dalam mengajar di TPQ” terang Ky Azib. Ternyata anak-anak disini lebih mudah mncerna pelajaran yag disampaikan lewat mendongeng. “Anak-anak langsung terhipnotis dan pesan yang disampaikan masuk,” jelas Ky Azib. (jn03)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...