Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Gelar Selamatan Jelang Panen

selamatanKendal, Jowonews.com – Puluhan petani asal Dukuh Siwalan, Desa Bulak, Kecamatan Rowosari tadi pagi menggelar selamatan jelang panen padi. Selamatan yang digelar di areal persawahan bertujuan agar hasil panen meningkat dibandingkan sebelumnya. Tradisi selamatan ini ditandai dengan pembacaan doa dan makan bersama hidangan yang sudah disiapkan.

Ketua kelompok tani H Khamsani mengaku tradisi tersebut sudah digelar sejak beberapa tahun silam. Tujuannya agar tanaman padi milik petani dijauhkan dari serangan hama wereng dan tikus. Diakui areal pertanian di wilayahnya rawan serangan tikus. “Serangan tikus sulit dibasmi meski sudah dilakukan gropyokan,” ujar Khamsani, Jumat (27/3/2015).

Kadus Siwalan Sidkon menilai tradisi mengeluarkan sedekah diyakini bisa menghindarkan diri dari serangan hama padi. Diakui sebelumnya areal pertanian sering dirusak ribuan tikus yang mencari makan di sawah.”Insya Allah dengan berdoa bersama serangan tikus makin minim,” ujar Sidkon.

Sidkon mengaku biasanya acara selamatan digelar pada malam hari. Namun karena terlalu repot akhirnya digelar pada pagi hari. (JN09)

BACA JUGA  Curi Uang Majikan Dibekuk Polisi

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...