Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Gempa Bantul Terasa Sampai Jawa Barat

MAGELANG, Jowonews.com– Meski tidak menimbulkan kerusakan berarti gempa Bantul ternyata bisa dirasakan hingga Jawa Barat dan Jawa Timur. Masyarakat bahkan berhamburan keluar rumah saat merasakan guncangan keras.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyatakan guncangan gempa terasa keras di daerah-daerah selatan Provinsi DIY, Jawa Tengah, sebagian Jawa Barat dan Jawa Timur.

“Laporan yang kami terima masyarakat merasakan guncangan cukup keras. Namun gempa ini tidak berpotensi tsunami,” ujar Sutopo, Rabu (11/11).

Sutopo menjelaskan wilayah yang merasakan guncangan gempa meliputi Ciamis bagian selatan, Cilacap, Purworejo, Kebumen, Banyumas, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Magelang, Klaten, Boyolali, Wonogiri, Wates, Bantul, Wonosari, Kota Yogyakarta, Pacitan dan Trenggalek. Rata-rata gempa dirasakan selama 10-15 detik.

Disebutkan masyarakat yang tinggal di pantai utara Jawa Tengah juga merasakan guncangan gempa meski dengan intensitas lemah. Yakni Pekalongan, Semarang, Jepara, Kudus, Cirebon, Semarang, Solo dan lainnya.

“Kami juga menerima laporan gempa terasa sampai Bandung. Namun belum ada laporan korban dan kerusakan akibat gempa tersebut. Berdasarkan intensitas gempa,” kata dia.

Menurut Sutopo gempa Bantul dirasakan di IV MMI di kawasan terdekat pusat gempa. Yakni Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta, Klaten, Kebumen, dan Purworejo. Adapun gempa terasa di level III MMI untuk wilayah Cilacap, dan Temanggung.

“Intensitas gempa dirasakan IV MMI ke bawah maka diperkirakan tidak banyak bangunan yang mengalami kerusakan berat. Namun BPBD masih melakukan pendataan dan pemantauan di lapangan,” ujar dia. (JN07/JN03)

BACA JUGA  DPP PKB Tunjuk Asof Jadi Wakil Ketua Dewan

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...