Jowonews

Logo Jowonews Brown

Gempa Turut Rusak Pos Pengamatan Gunung Rinjani

Lombok, Jowonews.com — Berdasarkan informasi dari Pos Pengamatan Gunungapi (PGA) Rinjani, Minggu, yang diterima di Jakarta, Kantor PGA Rinjani mengalami kerusakan akibat gempa bumi yang terjadi.

Gempa bumi terasa pada skala VI MMI ( Modified Mercalli Intensity), amplitudo over scale, dan gempa terasa menerus di daerah Lombok.

Gempa bumi terasa juga pada skala III MMI di Pos Rendang, dan terasa pada skala III MMI di pos PGA Tambora. Gempa bumi ini tidak menimbulkan tsunami, karena gempa ini tidak menyebabkan dislokasi dasar laut.

Kepala Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi Dan MItigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kasbani menyatakan dampak lainnya adalah menimbulkan kerusakan dan korban jiwa.

Informasi dari BNPB ada 10 orang meninggal dunia, 40 orang luka dan puluhan bangunan rusak. “Gempa bumi ini terasa di Pos PGA Rinjani pada intensitas MMI VI dan menimbulkan kerusakan pada bangunan pos. Sejauh ini belum ada kenaikan aktivitas Gunung Rinjani terkait gempa bumi ini,”lanjut Kasbani.

Dijelaskan Kasbani, “Gempa bumi terjadi di darat dan goncangan dirasakan sangat kuat pada daerah sekitar Lombok Timur dan Lombok Utara. Kawasan ini tersusun oleh batuan alluvium dan endapan gunung api yang bersifat urai, sehingga memperkuat goncanagn gempa bumi,” jelasnya.(jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...