Jowonews

Golkar Usulkan Marmo-Mahfud

Konflik Golkar
Konflik Golkar
Konflik Golkar

SEMARANG, Jowonews.com – Dinamika politik di menjelang pilkadaSemarang semakin menarik, setelah PDIP menetapkan Hendrar Prihadi-Hevearita GR sebagai pasangan balon walikota/wakil walikota Semarang. Parpol di luar PDIP langsung bergerak cepat melakukan konsolidasi.

Rapimdasus Partai Golkar (PG) Kota Semarang memutuskan mengusulkan Soemarmo dan Mahfudz Ali kepada DPD dan DPP PG untuk mendapatkan rekomendasi. Sementara delapan parpol pemilik kursi di DPRD Kota Semarang, yang tergabung dalam Koalisi Lamper Tengah (KLT) terus melakukan konsolidasi.

Usai menggelar buka puasa bersama, Minggu (5/7) kemarin, mereka kembali mengadakan rapat bersama. Selain segera menggelar deklarasi, mereka juga menimbang sejumlah kandidat yang akan diusung.

Dari sekian nama, Sigit Ibnugroho Sarasprono merupakan nama yang difavoritkan menjadi balon walikota/wakil walikota. Menurut penggagas KLT, Teguh Widodo, sosok Sigit Ibnugroho memang menjadi salah satu namanya yang saat ini difavoritkan oleh parpol peserta koalisi. “Banyak aspek yang membuat kita ingin mengusung Pak Sigit,” ujar Teguh Widodo.

Selain masih muda, sosok Sigit Ibnugroho menurut politisi asal Palebon ini juga memiliki jiwa kepimpinan yang bisa diandalkan. Hal ini bisa dilihat dari sosoknya sebagai pengusaha yang memiliki beberapa perusahaan. “Membangun perusahaan dan mengembangkan menjadi besar tentu membutuhkan kepemimpinan yang bagus,” katanya.

Dari sini, menurut Teguh Widodo, Sigit Ibnugroho bisa dilihat sebagai salah satu calon pemimpin yang layak menakodai Kota Semarang lima tahun mendatang. 

Sementara itu DPD Partai Golkar (PG) Kota Semarang, akan mengusulkan dua nama ke DPD dan DPP PG, yaitu Soemarmo HS dan Mahfudz Ali menjadi calon Wali Kota Semarang yang diusung Golkar di Pilwakot Semarang. 

Ditemui sebelumnya, Agung Priyambodo mengaku bahwa apa yang disepakati merupakan hasil musyawarah dalam Rapimdasus. Sebelumnya PG Kota Semarang juga menggelar uji kompetensi terhadap empat kandidat yang mendaftar untuk diusung pada pemilihan kepala daerah (pilkada) setempat.

Empat kandidat pilkada hadir dalam uji kompetensi yang digelar Golkar di Hotel Pandanaran Semarang, yakni Soemarmo Hadi Saputro, Mahfudz Ali, Djoko Setijowarno, dan Rudy Sulaksono.

“Uji kompetensi ini merupakan tahapan dari proses penjaringan dan penyaringan. Kami ingin mengetahui kapasitas para bakal calon yang mendaftar melalui Golkar,” katanya.

Sesuai mekanisme dan aturan di PG, kata dia, proses penjaringan dan penyaringan, serta pengusulan menjadi kewenangan DPD PG Kota Semarang, namun keputusan akhir tetap di DPP PG. “Dua nama tersebut akan diajukan ke DPP PG untuk diberi restu. Kecuali ada dinamika yang lain,” tandasnya. (JN01)

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...