Jowonews

Logo Jowonews Brown

GoTo, Kolaborasi Gojek dan Tokopedia Resmi Diluncurkan

SEMARANG, Jowonews- Dua platform online terkemuka Gojek dan Tokopedia resmi mengumumkan pembentukan Grup GoTo, grup teknologi terbesar di Indonesia yang akan menyediakan berbagai solusi kehidupan keseseharian (go to ecosystem for daily life). 

Dalam siaran persnya, Senin (17/5), pembentukan Grup GoTo ini merupakan kolaborasi usaha terbesar di Indonesia sekaligus kolaborasi terbesar antara dua perusahaan internet dan layanan media di Asia hingga saat ini.

GoTo menyatukan kekuatan dua perusahaan teknologi terdepan di Indonesia yang menciptakan ekosistem unik dan saling melengkapi secara global. Dengan mengombinasikan layanan e-commerce, pengiriman barang dan makanan, transportasi serta keuangan, Grup GoTo akan  menciptakan platform konsumen digital terbesar di Indonesia, melayani sebagian besar kebutuhan konsumsi rumah tangga. 

Jaringan mitra usaha serta mitra pengemudi/pengendara di dalam Grup GoTo yang saling melengkapi akan menghadirkan pilihan barang dan jasa yang tak tertandingi, didukung oleh layanan pembayaran digital dan keuangan yang akan semakin mempermudah kehidupan masyarakat sekaligus meningkatkan inklusi keuangan secara signifikan.

Berdasarkan putaran penggalangan dana Gojek di tahun 2019 dan Tokopedia di awal tahun 2020, tulis dalam siaran pers tersebut, total valuasi dari kedua perusahaan tersebut adalah 18 miliar dolar AS. Data di bawah ini menunjukkan kekuatan Grupm GoTo:

1. Memiliki total gross transaction value (GTV) secara grup lebih dari 22 miliar dolar AS pada tahun 2020
2. Menghimpun lebih dari 1,8 miliar transaksi pada tahun 2020
3. Bermitra lebih dari dua juta driver yang terdaftar per Desember 2020
4. Lebih dari 11 juta mitra usaha (merchant) per Desember 2020
5. Lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan (monthly active User/MAU)
6. Memiliki kontribusi sebesar 2 persen kepada total PDB Indonesia

Indonesia memiliki PDB lebih dari USD 1 triliun, serta merupakan negara dengan populasi terbesar ke-empat di dunia dengan total penduduk 270 juta. Grup GoTo akan menggarap potensi besar pertumbuhan ekonomi Indonesia – terbesar di Asia Tenggara – yang memiliki segmen kelas menengah yang terus bertumbuh pesat serta populasi muda yang sangat tanggap teknologi.

BACA JUGA  Pakar: Dengan Perbaikan Bug, GoJek Harus Terus Didukung

Grup GoTo juga akan terus mengembangkan bisnisnya di pasar non-Indonesia yang tumbuh pesat di mana Gojek beroperasi.

Andre Soelistyo dari Gojek akan memimpin GoTo sebagai CEO Group, dengan Patrick Cao dari Tokopedia sebagai Presiden GoTo. Sementara itu, Kevin Aluwi tetap menjabat sebagai CEO Gojek dan William Tanuwijaya tetap menjadi CEO Tokopedia.

Selain tanggung jawab di tingkat grup, Andre juga akan terus memimpin bisnis pembayaran dan layanan keuangan yang dinamakan GoTo Financial. GoTo Financial mencakup layanan GoPay serta layanan keuangan dan solusi bisnis mitra usaha.

Andre Soelistyo, CEO GoTo, mengatakan, “Hari ini adalah hari yang sangat bersejarah dengan dibentuknya Grup GoTo serta menandai fase pertumbuhan selanjutnya bagi Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial. Mitra driver Gojek akan memiliki peluang pendapatan yang lebih besar antara lain dengan mengirimkan lebih banyak pesanan dari pengguna Tokopedia, sementara penjual dan mitra merchant dari berbagai skala bisnis akan mendapatkan berbagai manfaat dan kesempatan untuk meningkatkan usahanya., tandasnya.

Hadirnya Grup GoTo juga akan memungkinkan pihaknya untuk semakin mendorong inklusi keuangan di Indonesia dan Asia Tenggara, ucap Andre sebagimana dilansir Antara.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...