Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Gubernur Jateng Minta Semua Pihak Awasi Pungli

SEMARANG, Jowonews.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta partisipasi masyarakat untuk mencegah adanya praktik pungutan liar pada pengurusan kartu tanda penduduk di semua tingkatan.

“Kita dorong agar semua masyarakat ikut mengawasi (pengurusan KTP), mudah-mudahan dari Dirjen Kependudukan segera merespons ini,” kata Ganjar di sela kunjungan kerja di Kabupaten Wonosobo, Kamis.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu tidak memungkiri adanya praktik pungli dalam pengurusan KTP karena blangko yang belum terdistribusi semua sehingga terjadi kekosongan blangko di beberapa tempat.

Ganjar menyebutkan bahwa pengadaan blangko pengurusan KTP akan dilaksanakan pada November 2016.

“Pada Oktober ini kemungkinan di beberapa titik (blangko) langka karena langka mungkin sisa-sisa yang terbatas itu bisa terjadi demoralisasi. Demoralisasinya dengan dijual, maka kalau dijual ya itu pungli,” ujar mantan anggota DPR itu.

Terkait dengan gerakan nasional pemberantasan berbagai praktik pungli, Ganjar mengklaim bahwa Jateng telah memulainya lebih dulu.

“Jateng lebih dululah, kita boleh optimistis,” katanya.

Sebelumnya, saat melakukan inspeksi mendadak di kantor Samsat Kota Magelang, Rabu (5/10), Ganjar memergoki praktik pungli pada pengurusan pajak kendaraan bermotor salah seorang warga. (jn03/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...