Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Gubernur Pantau Langsung Penanganan Rob Semarang

SEMARANG, Jowonews.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memantau langsung penanganan limpasan air laut ke darat atau rob yang terjadi kawasan Kaligawe dan Genuk di Kota Semarang.

“Penyedotan air rob menggunakan pompa berukuran besar dan selang panjang ini merupakan tindakan darurat yang bisa dilakukan, Insya Allah hasilnya lumayan,” kata Ganjar di Semarang, Rabu.

Hal tersebut disampaikan Ganjar saat melihat langsung proses penyedotan air rob menggunakan beberapa pompa besar dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung-Cisadane.

Menurut Ganjar, penanganan rob dengan menyedot menggunakan pompa dan mengalirkannya ke sungai dan membuat tanggul dari karung pasir itu sudah cukup efektif sebagai tindakan darurat.

“Sungai Babon ini sebenarnya tempat penampungan (air rob) yang paling ‘available’, cuma jaraknya jauh (dari lokasi rob) sehingga digunakan selang panjang untuk menyedotnya,” ujarnya.

Ganjar meminta Pemerintah Kota Semarang melakukan pengerukan dan pelebaran pada titik-titik penyedotan agar seluruh tampungan air bisa disedot serta dialirkan ke Sungai Babon.

“Penyedotan rob dengan pompa ini merupakan tindakan darurat karena desain penanganan permanen berupa pembangunan ‘sea wall’ sedang disiapkan,” katanya.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana Ni Made Sumiarsih mengataka bahwa pihaknya bersama Pemkot Semarang akan berupaya semaksimal mungkin mengatasi rob selama arus mudik Lebaran 2016.

“Setidaknya akan ada 17 unit pompa air yang disiagakan di sepanjang Jalan Kaligawe. Sekarang ini, baru terdapat 13 pompa air yang berfungsi secara situasional,” ujarnya. (jn003/ant)

BACA JUGA  Sepasang Kekasih Ditangkap Saat Isap Sabu

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...