Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Gubernur: Pariwisata Mampu Bertahan Di Berbagai Kondisi Ekonomi

SEMARANG, Jowonews.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serius menggarap potensi pariwisata di 35 kabupaten/kota karena mampu bertahan dalam berbagai kondisi ekonomi.

“Krisis ekonomi yang terjadi saat ini ternyata tidak memengaruhi bisnis di sektor pariwisata sehingga akan saya garap serius sehingga dapat menumbuhkan perekonomian di daerah,” kata Ganjar di Semarang, Senin.

Ganjar menjelaskan bahwa Jateng memiliki objek wisata potensial yang menarik untuk dikunjungi wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Menurut Ganjar, destinasi wisata di Jateng yang sangat potensial untuk dikembangkan adalah Karimunjawa, Candi Borobudur, Keraton Surakarta, Kota Lama Semarang, dan Jateng Park di Kabupaten Semarang yang sedang dalam proses perencanaan pembangunan.

“Kendati demikian, pengembangan objek-objek wisata itu menemui kendala yang harus segera diselesaikan,” ujarnya.

Ganjar memerinci, Karimunjawa perlu dibangun pelabuhan, pengembangan Bandara Dewandaru, dan perbaikan akses jalan, transportasi di kawasan Candi Borobudur perlu diperbaiki.

“Khusus Jateng Park, saya berharap pembangunannya bisa segera terealisasi, sehingga bisa menjadi objek wisata alternatif di Jateng,” katanya.

Ganjar mengungkapkan bahwa sudah banyak investor yang berminat membangun Jateng Park setelah pengajuan pembuatan persimpangan di jalan tol Ungaran-Bawen disetujui pemerintah pusat.

Sementara itu, kalangan pegiat wisata mendesak Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk segera melakukan penataan berbagai infrastruktur pariwisata sebagai upaya pengembangan dan menarik minat berkunjung wisatawan nusantara maupun mancanegara.

“Potensi pariwisata di Jateng ini cukup menjanjikan, tapi infrastrukturnya masih perlu ditata dan ditingkatkan, sebab kurang optimalnya penyediaan infrastruktur menjadi salah satu penyebab kunjungan wisata rendah,” kata Ketua Pelaksana Badan Promosi Pariwisata Daerah Jawa Tengah Sugeng Sugiantoro.

BACA JUGA  Belum Ada Perusahaan Ajukan Penangguhan UMK 2016

Menurut dia, selain penataan infrastruktur pariwisata juga perlu dibangun sinergitas antarpelaku dan asosiasi pariwisata di Jateng.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya akan menyediakan semua informasi pariwisata dan agenda wisata, baik yang diadakan oleh pemerintah maupun oleh berbagai asosiasi, namun dengan catatan aksesibilitas harus ditata ulang.

“Jika semua produk wisata di Jateng dapat diakses dalam satu situs yang disertai dengan promosi aktif, maka akan mendapat hasil yang luar biasa karena ada sinergi dari semua pihak yang terlibat,” ujarnya.

Berdasarkan data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jateng, potensi objek wisata di 35 kabupaten/kota saat ini tercatat sebanyak 417 lokasi yang terdiri atas 132 lokasi wisata alam, 88 lokasi wisata budaya, 105 lokasi wisata buatan, 21 lokasi wisata minat khusus, dan wisata lain-lain sebanyak 71 lokasi.   (Jn16/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...