Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Harga Daging Sapi di Boyolali Masih Stabil

BOYOLALI, Jowonews.com – Harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, menjelang puasa tahun ini, tetap stabil dan stok barang masih cukup.

“Harga daging sapi stabil, dan stok di Boyolali menjelang puasa dan Lebaran mencukupi kebutuhan pasar, karena rumah potong hewan (RPH) di Ampel, rata-rata melakukan pemotongan sebanyak 50 ekor per hari,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali, Bambang Jiyanto, di Boyolali, Rabu.

Berdasarkan pemantauan di Pasar Tradisional Boyolali, menyebutkan, harga daging sapi di pedagang eceran berkisar antara Rp85 ribu hingga Rp90 ribu per kg.

Kendati demikian, pihaknya menjelang puasa ini, telah memperketat pengawasan peredaran daging sapi di Boyolali dengan mengantisipasi adanya sapi gelonggongan.

“Kami meminta masyarakat untuk waspada dan memastikan dalam pembelian daging harus disertai pemilikan surat keterangan kesehatan daging (SKKD),” kata Bambang.

Menurut dia, pihaknya mengeluarkan surat SKKD lebih diperketat dan hanya dapat diberikan untuk ternak sapi yang dipotong di RPH Ampel.

Ia mengatakan jumlah ternak sapi yang dipotong di RPH Ampel menjelang puasa belum ada kenaikan. Namun, pihaknya memprediksi akan mengalami kenaikkan jumlah sapi yang dipotong mulai H-3 Lebaran.

“Kami prediksi jumlah sapi yang dipotong mulai H-3 Lebaran, naik mencapai sekitar 200 hingga 250 ekor per hari. Kondisi ini akan berlangsuing selama tiga hari saja,” katanya.

Menyinggung soal Presiden Joko Widodo yang berharap harga daging sapi Rp80 ribu per kg pada lebaran tahun ini, Bambang Jiyanto mengatakan pihaknya mendukung kebijakan pemerintah itu, yang terpenting jangan sampai merugikan para peternak.

Namun, Pemerintah dengan kebijakan tersebut tentunya sudah mempersiapkan dengan baik baik persediaan sapinya.

BACA JUGA  202 Calon PPK di Boyolali Ikuti Tes Tertulis

Ia mengatakan jumlah populasi sapi di Boyolali, untuk sapi potong sekitar 88 ribu ekor, sedangkan sapi perah sekitar 83 ribu ekor. Boyolali daging sapi masih suplus, sehingga stoknya juga untuk melayani di wilayah Solo dan sekitarnya.(jn03/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...