Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Harga Ikan di Tambak Lorok Semarang Melambung Tinggi

Ikan di Tambak Lorok Semarang
Ikan di Tambak Lorok Semarang
Ikan di Tambak Lorok Semarang

Semarang, Jowonews.com – Pada bulan Agustus ini, harga ikan laut di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Tambak Lorok, Kota Semarang mengalami kenaikan hingga 40 persen dari harga normal.

Kenaikan tersebut merupakan dampak dari menipisnya ketersediaan ikan. Beberapa waktu terakhir ini, hasil tangkapan ikan dari nelayan mengalami penurunan. “Semua jenis ikan saat ini harganya naik sekitar Rp3.000/kg, jika biasanya Rp8.000/kg sekarang menjadi Rp11.000/kg,” ungkap Slamet, salah satu pedagang PPI Tambak Lorok, baru-baru ini.

Jika kondisi normal sebagian besar pengepul membeli ikan dari nelayan dengan harga Rp5.000/kilogram sehingga pengepul memperoleh keuntungan sekitar Rp1.000-2.000/kilogram. “Naiknya harga ikan di sini disebabkan jumlah ikan yang diterima oleh pengepul dari nelayan menurun sehingga harga ikan di PPI menjadi naik,” ungkapnya.

Ikan yang saat ini ada di pasaran di antaranya ikan teri, wader, layur, tengiri, udang, dan cumi. Meski terjadi penurunan hasil tangkapan yang berakibat pada kenaikan harga jual, diakuinya penjualan ikan masih berjalan baik.

Untuk waktu pelelangan ikan di PPI Tambak Lorok tetap dilakukan sebanyak dua kali sehari yaitu pukul 07.30 WIB dan siang pukul 13.00 WIB. “Kebanyakan para pembeli yang datang ke PPI adalah pedagang dari Pasar Rejo Mulyo Pengapon atau Pasar Kobong. Selain itu, banyak juga yang dari luar kota,” katanya.

Beberapa pedagang dari luar kota kebanyakan dari Yogyakarta wilayah kota, Gunung Kidul, Solo, bahkan sampai ke luar provinsi yaitu Pacitan Jawa Timur.

Salah satu nelayan di PPI Tambak Lorok Suroso mengatakan harga ikan naik karena hasil tangkapan nelayan setiap kali melaut menurun. Hal tersebut disebabkan oleh kondisi cuaca yang tidak menentu. “Harapannya cuaca bisa kembali stabil agar nelayan bisa mendapatkan ikan yang lebih banyak, dengan demikian harga ikan juga stabil,” pungkasnya. (JN03)

BACA JUGA  Kebakaran Gunung Lawu Merembet ke Jateng 

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...