Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Harga Kebutuhan Pokok di Solo Mulai Turun

SOLO, Jowonews.com – Harga beberapa barang kebutuhan pokok di Pasar Tradisional Kleco, Kota Solo, Jawa Tengah, menjelang Lebaran Haji 2016 mengalami penurunan yang relatif cukup signifikan.

Berdasarkan pantausn di Pasar Kleco Solo, Rabu, menyebutkan harga beberapa barang kebutuhan pokok yang turun sekitar Rp500,00 hingga Rp2.500,00 per kilogram, antara lain, telur ayam, beras, daging ayam, dan komoditas sayuran, seperti cabai.

Menurut Astuti (40), pedagang daging ayam di Pasar Kleco, harga daging ayam di Pasar Kleco yang sebelumnya dijual Rp31 ribu/kg kini turun menjadi Rp30 ribu/kg, sedangkan daging sapi tetap bertahan Rp100 ribu kualitas super dan Rp90 ribu/kg kualitas biasa.

Astuti mengatakan bahwa kondisi pasar biasa-biasa saja karena dirinya rata-rata yang menyediakaan daging ayam 100 ekor habis terjual hingga siang hari.

“Saya kebanyakan melayani pembeli pelanggan dari rumah makan atau pedagang warung makan,” kata Astuti.

Pedagang lainnya di pasar yang sama, M. Sidiq (39), mengatakan bahwa barang kebutuhan pokok yang mengalami penurunan harga, antara lain, telur ayam yang sebelumnya dijual hingga Rp20 ribu/kg kini beransur-ansur turun menjadi Rp17.500,00/kg, beras mengalami turun sekitar Rp1.200,00/kg yang sebelumnya ditawarkan Rp10.500,00/kg kini menjadi Rp9.300,00/kg jenis C4 super.

“Harga beras premium jenis C4 kualitas biasa dijual hanya Rp8.500,00/kg. Begitu puls, minyak goreng curah yang sebelumnya Rp13 ribu/kg kini menjadi Rp13 ribu/kg, kecuali gula pasir justru naik dari Rp12 ribu/kg menjadi Rp13.500,00/kg,” kata M. Sidiq.

Menurut dia, turunnya harga beras di pasar diduga karena persediaan gabah dan beras di penggilingan relatif cukup melimpah karena sejumlah daerah masih banyak yang panen.

“Pasokan beras dan telur ke pasar lancar dan stok cukup,” katanya.

BACA JUGA  Disorot, Bahas Pilwalkot di Ruang Komisi 

Nurindah (40), pedagang sayuran di Pasar Kleco, mengatakan bahwa harga komoditas sayuran di Pasar Kleco Solo yang sedang turun jenis cabai besar yang sebelumnya dijual Rp24 ribu/kg kini sebesar Rp20 ribu/kg, sedangkan lainnya masih stabil.

Menurut Nurindah, turunkan harga cabai besar tersebut karena pasokan barang dari Boyolali dan Tawangmangu Karanganyar berjalan lancar dan stok melimpah. Harga ini diperkirakan masih bisa turun lagi, tergantung pada harga pemasok.

Harga sayuran jenis lainnya, seperti cabai rawit merah stabil Rp44 ribu/kg, rawit hijau Rp24 ribu/kg, barang merah Rp40 ribu/kg, dan bawang putih Rp30 ribu/kg.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Surakarta Triyana ketika dikonformasi soal menurun harga beberapa kebutuhan pokok tersebut membenarkan.

“Jika pasokan atau stok melimpah, harga pasar yang ditawarkan bisa turun. Hal ini sudah biasa terjadi hukum pasar,” kata Triyana. (jn03/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...