Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Himbauan Mendikbud untuk Sekolah Terkait Pengadaan Buku Perpus

SOLO, Jowonews.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan meminta pihak sekolah dalam melakukan pengadaan buku perpustakaan tidak melihat besar kecilnya komisi yang diberikan penerbit, tetapi yang dibeli harus buku yang banyak diminati murid-murid.

“Sekarang kita balik, kalau dulu beli buku untuk perpustakaan ditentukan dari pusat, tetapi sekarang harus sesuai yang dibutuhkan murid-murid,” kata Anies Baswedan pada pembukaan pameran buku “Solo Book Fair 2016” dalam rangka menyambut Hari Buku Nasional di Benteng Vastenburg, Solo, Selasa.

Anies pada kesempatan tersebut meminta agar gerakan membaca terus digelorakan baik di sekolah maupun di rumah. “Dalam riset setelah digalakkan membaca setiap hari sekitar 15 menit, ternyata yang datang di perpustakaan naik 1.400 persen”.

Untuk itu, lanjutnya, para guru di sekolahan maupun orang tua yang ada di rumah harus terus juga ikut membaca buku apa saja, agar anak-anak juga ikut membaca.

Menyinggung koleksi buku-buku di perpustakaan, Anies Baswedan mengatakan sudah tidak banyak yang menarik dan saatnya diganti. “Perpustakaan di daerah-daerah itu masih banyak koleksi bukunya dibungkus plastik ini tandanya tidak pernah dibaca dan ini harus diubah,” katanya.

Ia juga berjanji akan melakukan digitalisasi tentang buku-buku yang bercerita klasik, dan ini bisa diakses semuanya. “Saya janji akan melakukan ini tunggu saja nanti pasti ada,” katanya.

Solo Book Fair 2016 di Benteng Vastenburg dalam rangka menyambut Hari BUku Nasional tanggal 17 Mei 2016 bertujuan memasyarakatkan buku sebagai pembentukan karakter generasi penerus serta menumbuhkan budaya baca kepada masyarakat.

Selain itu menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan dan membaca demi kehidupan bangsa. Wahana untuk mencerdaskan dan memberikan pencerahan bagi kehidupan bangsa, serta meningkatkan laju ekonomi dan industri, khususnya dalam industri perbukuan.

BACA JUGA  Dianggap Belum Tepat, Mendikbud Resmi Hentikan Penerapan K-13

Acara tersebut juga ditandai dialog interatif (talk Show) dengan nara sumber Mendikbud Anies Baswedan, Duta Baca Indonesia (Najwa Sihab), dan hadir pula Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo. (jn03/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...