Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

HNSI Sambut Baik UU Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan

CILACAP, Jowonews.com – Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, menyambut baik kehadiran Undang-Undang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudidaya Ikan, dan Petambak Garam yang telah disahkan oleh DPR RI.

“Dengan adanya undang-undang tersebut, kami berharap perlindungan terhadap nelayan akan semakin jelas. Sebelum adanya UU Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, memang telah ada beberapa peraturan terkait perlindungan nelayan,” kata Ketua HNSI Kabupaten Cilacap Sarjono di Cilacap, Rabu.

Akan tetapi dalam praktiknya, kata dia, peraturan-peraturan tersebut sering kali tidak berjalan semestinya akibat ulah aparat yang semena-mena terhadap nelayan.

Dalam hal ini, lanjut dia, beberapa permasalahan kecil yang dihadapi nelayan sering kali harus berlanjut ke pengadilan sehingga tidak ada perlindungan hukum bagi nelayan.

“Padahal beberapa peraturan termasuk dalam Instruksi Presiden Nomor 15 Tahun 2011 tentang Perlindungan Nelayan sudah jelas disampaikan bahwa kapal nelayan berbendera Indonesia di bawah 60 ‘gross tonage’ apabila ada permasalahan, kekeliruan, atau pelanggaran itu seharusnya diutamakan dilakukan pembinaan. Namun kenyataanya sering berlanjut hingga ke pengadilan,” katanya.

Bahkan, kata dia, dalam beberapa peraturan juga disebutkan jika permasalahan tersebut tidak dapat diselesaikan hingga batas waktu 30 hari maka nelayan tersebut harus dilepaskan.

Menurut dia, nelayan Cilacap yang sedang mencari ikan di perairan selatan Daerah Istimewa Yogyakarta sering mendapat perlakuan semena-mena hingga akhirnya dibawa ke pengadilan.

“Enggak tahu aturannya atau bagaimana, tahu-tahu ‘dipegang’ (ditangkap, red.) lalu disidangkan. Saya sendiri kadang-kadang bingung,” katanya.

Oleh karena itu, dia mengharapkan Undang-Undang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudidaya Ikan, dan Petambak Garam yang baru disahkan DPR RI benar-benar dapat membantu nelayan. (jn03/ant)

BACA JUGA  Pemprov Didesak Sosialisasikan Aturan Hibah dan Bansos

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...