Jumat, 23 Februari 2018
Beranda blog

Gegara Cuitan Kylie Jenner, Saham Snapchat Anjlok

NEW YORK, Jowonews.com — Perusahaan induk Snapchat kehilangan sekitar 1,3 miliar dolar AS (sekitar Rp17,7 triliun) dalam nilai pasar pada Kamis, setelah bintang acara realitas Kylie Jenner mencuit bahwa dia tidak lagi menggunakan layanan pesan itu.

“Jadi apakah ada orang lain yang tidak membuka Snapchat lagi? Atau hanya aku … ugh ini sangat menyedihkan,” demikian isi tulisan Jenner di Twitter.

Dia kemudian menambahkan “tapi aku masih mencintaimu snap … cinta pertamaku,” tetapi cuitan itu tampaknya sudah berdampak.

Saham Snap Inc. turun lebih dari enam persen dalam perdagangan Kamis, kehilangan sekitar 1,3 miliar dolar AS dalam kapitalisasi pasar.

Jenner memiliki banyak pengikut di berbagai platform media sosial, termasuk Twitter dan Instagram.

Dia melahirkan anak perempuan bulan ini, dan unggahan Instagramnya yang mengumumkan kehamilan dengan cepat menjadi salah satu unggahan paling banyak disukai sepanjang masa di platform media sosial itu.(jwn5/ant)

Sutopo, Siarkan Tanggap Bencana Brebes Sembari Menanti Operasi Kanker

foto : Antara

JAKARTA, Jowonews.com — Sakit, sehat, hidup, mati, itu adalah bagian dari kehidupan. Semua sudah diatur, saya nikmati saja. Yang penting saya ikhtiar,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho.

Di tengah kondisi tubuhnya yang sakit, Sutopo masih menyempatkan mengadakan jumpa pers terkait bencana longsor Brebes di Pusat Pengendalian Operasi BNPB, Jakarta, Jumat.

Jumpa pers diadakan tepat sehari setelah longsor terjadi. Saat bencana terjadi, Sutopo sedang dijadwalkan menjalani operasi di Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto.

“Sambil menunggu waktu operasi, saya mencari data dan menyiapkan siaran pers untuk saya bagikan kepada rekan-rekan wartawan,” katanya.

Sejak 17 Januari 2018, Sutopo yang selama ini menjadi sumber informasi kebencanaan bagi masyarakat melalui media, divonis mengidap kanker paru stadium IVB.

Kenyataan itu sempat membuatnya terguncang. Dia merasa selama ini sudah hidup sehat dengan makan makanan yang sehat dan tidak merokok. Namun, kenyataan ternyata berbeda dengan pola hidup sehatnya.

“Saya syok, tetapi tidak sampai menangis. Istri dan anak saya yang menangis,” tuturnya.

Di tengah vonis dokter terhadap penyakit yang diidapnya, Sutopo sempat berpikir untuk mengurangi aktivitasnya melayani wartawan.

Selama ini, dia memang aktif menginformasikan kejadian bencana kepada masyarakat, baik kepada wartawan maupun kepada masyarakat melalui media sosial.

“Namun, saya berpikir, masyarakat dan wartawan butuh saya. Saat saya tidak ada, kejadian bencana tidak diberitakan oleh media. Kalau pun ada, pernyataan dari pejabat berwenang sangat normatif,” katanya.

Karena itu, dia memutuskan untuk tetap aktif bekerja meskipun sudah disibukkan dengan pengobatan yang harus dijalani. Dia menganggap pekerjaannya melayani wartawan sebagai bagian dari ibadah.

“Mungkin ini memang teguran dari Tuhan. Saya ikhlas,” ujarnya. (jwn5/ant)

Arsenal vs AC MIlan, Ini Daftar Undian 16 Besar Liga Europa

SWISS, Jowonews.com — Badan sepakbola Eropa UEFA telah menyelesaikan pengundian pertandingan babak 16 besar Liga Europe pada Jumat, dengan hasil diantaranya mempertemukan Lazio dengan Dynamo Kiev dan Atletico Madrid vs Lokomotiv Moscow.

Berikut ini hasil undian babak 16 besar Liga Europa, mengutip Reuters:

Lazio v Dynamo Kiev

RB Leipzig v Zenit St Petersburg

Atletico Madrid v Lokomotiv Moscow

CSKA Moscow v Olympique Lyonnais

Olympique de Marseille v Athletic Bilbao

Sporting Lisbon v Viktoria Plzen

Borussia Dortmund v FC Salzburg

AC Milan v Arsenal.

(jwn5/ant)

Bhayangkara Tagih Tunggakan ke PT Liga

JAKARTA, Jowonews.com — Juara GoJek Traveloka Liga 1 Bhayangkara FC berharap PT Liga Indonesia Baru (LIB) segera melunasi utang-utangnya kepada semua klub peserta Liga 1 2017 agar kompetisi musim 2017 bisa berjalan lancar.

“Kami harap LIB bisa menyelesaikan kewajibannya karena itu adalah modal potensial bagi kami,” ujar Chief Executive Officer (CEO) Bhayangkara FC Irjen Polisi Royke Lumowa di Jakarta, Jumat.

Royke mengemukakan bahwa saat ini PT LIB sebagai operator liga belum melunasi utang subsidi dan uang lain yang menjadi hak mereka sebagai juara Liga 1 2017.

Terkait jumlah, pria yang juga menjabat Kepala Korps Lalu Lintas Polri itu mengungkapkan Bhayangkara FC belum menerima sisa uang subsidi sekitar Rp2,1 miliar dan itu belum termasuk hak atas peringkat di klasemen dan hak siar.

Sebagai gambaran, PSSI pernah menyebut bahwa pemenang Liga 1 2017 bisa mendapatkan total Rp17 miliar yang berasal dari subsidi, peringkat klasemen dan hak siar televisi.

“Mudah-mudahan itu semua segera dilunasi karena itu salah satu ‘napas’ kami,” tutur Royke. (jwn5/ant)

Bom Terus Berjatuhan di Ghouta Suriah Timur

ilustrasi, foto : reuters

SURIAH, Jowonews.com — Gelombang baru serangan bom menghantam Ghouta di Suriah timur pada Jumat, menjelang Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa melakukan pemungutan suara untuk menuntut pemberlakuan gencatan senjata selama 30 hari di seluruh wilayah Suriah.

Selama enam hari berturut-turut, jet-jet tempur terus menggempur kota pertanian yang padat penduduk di sebelah timur ibu kota itu, yang menjadi benteng terakhir pemberontak dekat Damaskus.

Peningkatan serangan telah menewaskan setidaknya 417 orang dan melukai ratusan lainnya, kata Syrian Observatory for Human Rights.

Lembaga pemantau yang berpusat di Inggris itu mengatakan pesawat-pesawat tempur dan artileri pemerintah menghantam Douma, Zamalka dan kota-kota lainnya di berbagai wilayah kantong pertanian itu pada Jumat subuh.

Lembaga-lembaga bantuan medis mengatakan serangan-serangan jet telah mengenai belasan rumah sakit hingga menyulitkan para petugas untuk merawat mereka yang luka.

Pengeboman di Ghouta timur sejak Minggu malam menjadi serangan paling parah selama perang, yang saat ini telah memasuki tahun kedelapan.

Pertahanan Sipil di Ghouta timur mengatakan para petugasnya bergegas membantu orang-orang yang terluka setelah serangan terjadi di kota Hammouriyeh pada Jumat pagi.

Semenatar itu, dinas layanan darurat yang beroperasi di wilayah tersebut mengatakan pihaknya dalam beberapa hari terakhir ini telah menarik ratusan orang dari dalam reruntuhan.

Belum ada komentar dari pihak militer Suriah. (jwn5/ant)

Hujan Deras Sebabkan Longsor di Boyolali

ilustrasi

BOYOLALI, Jowonews.com — Hujan deras yang mengguyur di wilayah lereng Gunung Merapi dan Merbabu menyebabkan tanah longsor di Jalur Solo-Selo-Boyolali (SSB) tepatnya di Dukuh Candi Betak Desa Genting Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali, Jumat siang.

Bencana tanah longsor yang menutupi badan jalan Cepogo-Selo Boyolali tersebut merupakan dari tebing lahan pertanian tanaman sayuran yang terbawa arus air hujan hingga ke jalan, sehingga menyebabkan jalur lalu lintas terganggu.

Namun, sejumlah kendaraan roda dua dan empat masih ada yang nekat melintas meski harus ekstra hati-hati karena kondisinya licin.

Menurut Tumar (50) salah satu tokoh masyarakat warga Selo Boyolali bencana tanah longsor yang terjadi di Dukuh Candi Betak Desa Genting Kecamatan Cepogo, sekitar pukul 13.00 WIB. Ketika itu, hujan turun dengan derasnya mengguyur kawasan Merapi Merbabu.

“Lahan tanaman sayuran milik petani di Dukuh Candi Betak itu, tiba-tiba longsor menutup badan jalan jalur Cepogo-Selo. Namun, kejadian itu, tidak ada korban jiwa,” kata Tumar.

Masyarakat setempat setelah hujan mulai reda mereka melakukan gotong royong untuk menyingkirkan material longsoran dari dari jalan.

Menurut Ambon salah satu anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali, saat dikonfirrmasi membenarkan kejadian tersebut. Pihaknya setelah mendapat laporan langsung melakukan pengecekan jalur di Kecamatan Cepogo hingga Selo itu.

“Kami sedang cek jalur SSB di Boyolali, ada beberapa titik yang longsor termasuk di Desa Genting,” kata Ambon. (jwn5/ant)

DPR: Presiden Sudah Ajukan Nama Gubernur BI

ilustrasi

JAKARTA, Jowonews.com — Presiden Joko Widodo sudah mengirimkan surat berisikan nama- nama calon gubernur Bank Indonesia periode 2018-2023 untuk diuji kelayakan dan kepatutan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Informasi tersebut dikemukakan Anggota Komisi XI DPR Misbakhun yang juga anggota Fraksi Partai Golkar di Jakarta, Jumat.

“Sudah dikirimkan oleh Sekretariat Negara (Setneg), dan sudah sampai DPR,” kata Misbakhun.

Misbakhun masih enggan mengungkapkan calon pimpinan bank sentral yang sudah diajukan Presiden.

“Surat bersifat rahasia sehingga yang tahu hanya Ketua DPR (Bambang Soesatyo),” kata Misbakhun.

Surat yang sudah masuk DPR akan dibacakan di Rapat Paripurna DPR, lalu dibahas di Badan Musyawarah (Bamus) untuk ditugaskan ke Komisi XI guna diuji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test).

Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi sebelumnya mengungkapkan terdapat empat nama calon gubernur BI yang akan diusulkan kepada Presiden Joko Widodo. Empat nama itu adalah calon petahana Agus Martowardojo, Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro dan mantan menteri keuangan Chatib Basri.

Masa kepimpinan Gubernur BI 2013-2018 yang saat ini dipimpin Agus Martowardojo akan berakhir pada 15 Mei 2018. Presiden memang dijadwalkan akan mengirim nama calon gubernur BI untuk diuji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) pada pekan ketiga Februari 2018 ini. (jwn5/ant)

Yusril Ingin KPU Verifikasi Ulang PBB

JAKARTA, Jowonews.com — Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra mengusulkan kepada Komisi Pemilih Umum (KPU) untuk melakukan verifikasi faktual ulang terhadap partainya.

“Dalam sidang mediasi, kami mengusulkan agar KPU melakukan verifikasi ulang terhadap enam orang anggota PBB di Kabupaten Manokwari Selatan,” ujar Yusril di Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan PBB sebenarnya sudah memenuhi syarat keanggotaan dan kepengurusan di semua provinsi, kabupaten, dan kota, seperti yang ditentukan KPU dalam verifikasi faktual.

Yusril kemudian menjelaskan enam Anggota PBB sebelumnya sudah datang ke KPU Manokwari Selatan untuk diverifikasi. Namun, menurut dia, penyelenggara pemilu meminta agar anggota yang datang berasal dari tiga kecamatan.

Delapan Anggota PBB, kata dia, pada hari berikutnya kemudian kembali hadir di KPU Manokwari Selatan, tetapi kali ini pihak KPU gagal mengakses data sistem informasi partai politik (Sipol).

Delapan Anggota PBB itu kemudian diminta datang pada hari berikutnya, tutur Yusril.

“Saat para anggota datang lagi keesokannya, pihak KPU mengatakan waktu untuk verifikasi faktual partai sudah berakhir, dan PBB dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS),” terang Yusril.

Namun, setelah dikoreksi, KPU Papua Barat menyatakan PBB memenuhi syarat dan itu telah diumumkan dalam rapat pleno mereka, ungkap dia.

“Belakangan, menurut KPU keputusan itu dikoreksi Bawaslu Papua Barat, tapi tidak pernah diumumkan ke publik, sampai akhirnya KPU menyatakan PBB TMS di Kabupaten Manokwari Selatan,” ucap Yusril.

PBB, ujar dia, juga memberikan usulan lain kepada KPU.

“Kami juga mengusulkan agar KPU Papua Barat melakukan mengoreksi (reinfoi) Berita Acara Rekapitulasi agar sesuai dengan hasil keputusan rapat pleno yang menyatakan PBB memenuhi syarat, sebagaimana telah diumumkan ke publik,” ujar Yusril. (jwn5/ant)

PDIP Akui AHY Ingin Buka Komunikasi dengan Mega

BALI, Jowonews.com — Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute Agus Harimurti Yudhoyono meminta bertemu dengan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk melakukan dialog.

“Komunikasi antara PDI Perjuangan dengan Demokrat berjalan, ketika pengambilan nomor partai politik peserta Pemilu 2019, Pak AHY menyampaikan kepada Bu Megawati untuk melakukan dialog,” kata dia di Bali, Jumat.

Hasto mengatakan permintaan AHY itu merupakan hal positif karena politik harus dibangun melalui dialog dengan siapapun.

Menurut dia, PDI Perjuangan membuka dialog dengan siapapun, termasuk dengan pihak-pihak yang memberikan kritik paling keras, kepada partainya.

“Dialog dengan Demokrat dilakukan setelah rakernas,” ujarnya.

Selain itu, terkait dengan rencana Demokrat mengundang Jokowi dalam rakernas, Hasto tidak mempermasalahkannya karena Presiden Jokowi sudah menjadi milik seluruh rakyat Indonesia.

Menurut dia, Presiden Jokowi menjadi representasi dari seluruh rakyat Indonesia karena berdiri di atas semua golongan untuk membawa semangat kebersamaan bagi Bangsa Indonesia.

“Beliau berdiri untuk membawa semangat kebersamaan bagi bangsa ini sehingga kami memberi dukungan untuk Pak Jokowi hadir di dalam acara parpol. Termasuk parpol yang baru dinyatakan lolos di dalam tahapan pileg dan pilpres,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto mengatakan Partai Demokrat akan menggelar rapat kerja nasional (rakernas) pada 10-11 Maret 2018 di Sentul, Jawa Barat. (jwn5/ant)

Resmi, PDIP Kembali Calonkan Jokowi Sebagai Capres

ilustrasi

BALI, Jowonews.com — PDI Perjuangan menetapkan Joko Widodo sebagai calon presiden 2019-2024 dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III partai tersebut.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung yang juga kader PDI Perjuangan ketika mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerja ke Bali, Jumat, ketika dikonfirmasi terkait hal itu meminta wartawan untuk menunggu hasil Rakernas III PDI Perjuangan yang digelar di Grand Inna Bali Beach Hotel.

Presiden Jokowi di sela kunjungan kerjanya ke Bali memang menyempatkan untuk hadir dalam acara Rakernas III PDI Perjuangan.

Acara tersebut digelar tertutup dan wartawan tidak diperkenankan untuk meliput selama berlangsungnya acara.

Namun, tidak lama setelah Presiden Jokowi hadir di acara Rakernas III PDI Perjuangan, Pramono Anung memposting tweet di dalam akun twitter resminya @pramonoanung.

“Dalam Rakernas III hari ini @PDI_Perjuangan memutuskan pencalonan @jokowi menjadi calon Presiden utk tahun 2019-2024, Bismillah Menang dan mendapatkan dukungan seluruh rakyat Indonesia #Bant3ngPilihJokowi #T3tapJokowi,” cuit Pramono.

Ia menuliskan cuitan itu pada sekitar pukul 16.00 WIB atau sesaat setelah Presiden Jokowi memberikan sambutan dalam acara itu.

Cuitan Pramono telah diretweet oleh 117 akun dan mendapatkan lebih dari 150 likes.

Rencananya Presiden Jokowi akan memberikan keterangan pers setelah membagikan sertifikat tanah adat pura se-Provinsi Bali yang dilaksanakan di Pura Dalem Sakenan Serangan Kota Denpasar sebelum kemudian terbang kembali ke Jakarta. (jwn5/ant)

Terpopuler

Pilihan Redaksi