Jowonews

Logo Jowonews Brown

Ida Fauziyah Siap Perjuangkan Legalitas Cantrang

PATI, Jowonews.com — Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah Ida Fauziyah siap memperjuangkan legalitas cantrang sebagai alat tangkap ikan yang diatur dalam peraturan perundang-undangan.

“Kami bersama teman-teman dari Fraksi PKB DPR RI sudah memperjuangkannya agar masuk dalam revisi UU Perikanan,” kata Ida usai bertemu dengan nelayan Desa Alasdowo, Kabupaten Pati, Jumat.

Menurut dia, pada sekitar tahun 1980-an keberadaan cantrang dilegalkan sebagai alternatif pengganti pukat harimau. Penegasan tentang keberadaan cantrang dalam peraturan perundang-undangan ini sebagai bentuk kepastian dan kenyamanan bagi nelayan.

“Nantinya jangan sampai ada ketakutan dari nelayan atas penggunaan cantrang ini,” kata mantan anggota DPR RI itu.

Pasangan calon Gubernur Sudirman Said ini menegaskan peran nelayan sebagai pahlawan dalam ketahanan gizi atas hasil tangkapan mereka.

“Harus ada apresiasi terhadap para nelayan, apa yang menjadi kebutuhan mereka harus diapresiasi,” katanya.

Selain kebutuhan atas legalisasi cantrang, Ida bersama Sudirman Said jika mendapat amanah untuk memimpin Jawa Tengah yelah menyiapkan berbagai program untuk peningkatan kesejahteraan nelayan, seperti akses kesehatan hingga pensiun untuk petani dan nelayan.

Hal lain yang tidak kalah penting, lanjut dia, pemberdayaan perempuan nelayan dalam mengolah hasil tangkapan sehingga diperoleh nilai tambah atas hasil perikanan itu. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...