Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Idul Adha Di Kudus, Masyarakat Sembelih Kerbau Bukan Sapi, Ini Alasannya

Hingga saat ini, masyarakat di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, pada perayaan Idul Adha tidak menggunakan sapi sebagai hewan sesembelihan, melainkan menggunakan kerbau

KUDUS – Hingga saat ini, masyarakat di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, pada perayaan Idul Adha tidak menggunakan sapi sebagai hewan sesembelihan, melainkan menggunakan kerbau. Tradisi ini konon sudah ada sejak masa Sunan Kudus.

Mengutip dari laman Detik Jateng, Humas Yayasan Masjid Menara dan Makan Sunan Kudus, Denny Nur Hakim mengungkapkan masyarakat di Kudus masih memegang erat tradisi warisan Sunan Kudus ini. Yakni mereka tidak menyembelih sapi, termasuk pada saat hari Raya Idul Adha.



“Tradisi tidak menyembelih sapi adalah strategi Sunan Kudus untuk menyebarkan agama Islam. Menurutnya, pada masa itu mayoritas masyarakat di Kudus mayoritas beragama Hindu. Untuk menghargai umat Hindu, Sunan Kudus tidak menyembelih sapi,” kata Denny.

Strategi ini ternyata cukup efektif meraih simpati masyarakat Hindu agar memeluk agama Islam. “Dan itu sukses. Kita bisa melihat Kudus sebelum masuknya Islam atau Sunan Kudus, sebagai pusat perkembangan Hindu. Kini mayoritas masyarakat di Kudus beragama Islam” ungkapnya.

BACA JUGA  Polisi Perketat Pengamanan Toko Emas

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...