Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Indocement Jaga Komitmen Air di Tambakromo

PATI, Jowonews.com – Tidak seperti biasanya, warga Kecamatan Tambakromo, Pati memperingati detik-detik Proklamasi bukan hanya dengan Upacara Bendera, namun kali ini juga dengan musyawarah dan dahar-pagi bersama investor pabrik semen yang direncanakan akan didirikan di wilayah mereka. Pagi-pagi, Kepala Desa Mojomulyo Mat Kosim, Tambakromo berkumpul bersama dengan aparat desa, tokoh masyarakat dan warganya sudah berkumpul pada Rabu (17/8), beberapa saat sebelum peringatan detik proklamasi.

`Mereka kedatangan tamu beberapa karyawan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (INTP) yang dipimpin oleh Manajer CSR & Security Division Sahat Panggabean di Mojomulyo. Kali ini mereka bukan hanya bersilaturahmi dan bercerita tentang kisah perjuangan Pati dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia seperti tahun-tahun sebelumnya. Mereka juga bicara soal perjuangan memperbaiki kualitas hidup riil mereka di waktu yang akan datang yakni soal ketersediaan air.

“Kami di Mojomulyo berbahagia kedatangan saudaraku dari Indocement. Pengembangan masyarakat berkelanjutan yang sukses dilaksanakan di beberapa titik Tambakromo dapat terus ditambah lagi ke warga yang belum beruntung dimudahkan soal pasokan air bersih,” kata Kades.

Seperti diketahui warga Tambakromo selama ini, dukungan pasokan air bersih sangat membantu warga beberapa desa di Tambakromo. Seperti cerita di Desa tetangga, Maitan misalnya. Desa yang cukup rentan di masalah ekonomi akibat kendala alam tanah tandus yang sulit diolah, kekeringan, dan sulit air ini sangat menderitaketika hujan lama tidak turun. Desa ini sangat terbantu oleh program tanggungjawab sosial (CSR) yang disumbang INTP.

Instalasi air bersih dibangun INTP pada tahun 2013. Sebelumnya masyarakat Dukuh Pager Gunung, Desa Maitan, harus mengambil air sejauh hampir 3 km. Bagusnya kini sistem air bersih INTP sudah  memberikan manfaat bagi setidaknya 300 warga di Dukuh Pager Gunung, Maitan tersebut.  Air tetap mengalir ketika kemarau panjang sekalipun.

Lestari  & Kelola Air di Pati

Mengenai kisah sukses memperbaiki perairan masyarakat, sebenarnya telah lama diungkapkan Indocement. Bukan hanya sistem embung dan peningkatan pasokan air dalam bentuk janji-janji, namun sudah puluhan tahun di beberapa wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Kalimantan Selatan konsep pelestarian dan pengelolaan air di Pati mereka terapkan.

Ada yang menarik dari kontribusi perusahaan bluechip di pasar modal Indonesia ini. Mereka tidak sekedar menyumbang atau membangun pencitraan karitatif searah: perusahaan beri uang atau fasilitas ke warga. Namun juga membangun partisipasi bersama agar sistem air tersebut dapat berumur panjang dan dinikmati oleh makin banyak warga sekitar.

Di awal, mereka membangun instalasi sarana air bersih berupa penyediaan dan pemasangan pipa. Lalu membangung sistem pompa dan bak penampungan. Di titik ini banyak perusahaan berhenti. Tapi justru INTP melanjutkan lagi upayanya dengan membangun sistem kolektifitas yang dapat melestarikan dan mengelola air bersih tersebut secara mandiri dan berkelanjutan. Untuk pengelolaan dan pengendalian air, warga memasang meteran air di masing-masing rumah. Dan warga saling berembuk soal perawatan sistem tersebut secara musyawarah.

Dian Mayasari seorang perempuan keturunan Samin dari Desa Maitan menjadi salahsatu kisah suksesnya. Dian yang kini diakui publik sebagai local hero Gerakan Lestari Air Untuk Masyarakat akhirnya berhasil di soal air dimulai saat ia memperoleh bantuan dari CSR Indocement. Dian bersama suami dan kerabatnya memikirkan cara untuk mengalirkan air ke rumah-rumah penduduk Dusun Pager Gunung, Desa Maitan. Dan akhirnya sudah tiga tahun ini soal air di dusunnya menjadi jauh lebih baik dan memperbaiki kualitas kehidupan warga.

“Air bersih selalu jadi hal penting bagi warga dimanapun. Berbagai program CSR kami di pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosbud dan keagamaan akan menjadi jauh lebih efektif di saat infrastruktur air di masyarakat telah tertangani dengan layak,” jelas Sahat di Tambakromo.

Tak heran, kini program Sarana Air Bersih yang dijalankan Indocement di banyak daerah Jawa dan luar Jawa diakui oleh publik. Pada tahun 2015 INTP mendapatkan penghargaan Platinum Sustainable Development Goals, yang diselenggarakan oleh Corporate Forum for Community Developmentdan Kementerian Koordinator Bidang Pengembangan Manusia dan Kebudayaan. Pelajaran pentingnya, keberhasilan memperbaiki air bukan hanya membutuhkan bantuan perusahaan sesaat. Namun komitmen bersama untuk mengelolanya, baik itu masyarakat, tokoh mayarakat, kepala daerah, maupun CSR perusahaan itu sendiri. (jn04/jn03)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...