Jowonews

Logo Jowonews Brown

Indonesia Dapat Satu Slot MotoGP 2017

JAKARTA, Jowonews.com – Promotor kejuaraan balap motor paling bergengsi di dunia yaitu Dorna menjamin Indonesia mendapatkan satu slot untuk menjadi tuan rumah MotoGP 2017 meski ada beberapa syarat mendasar yang harus dipenuhi. CEO Dorna Carmelo Ezpeleta di Jakarta, Rabu mengatakan, ada dua persyaratan yang harus dipenuhi Indonesia jika menyatakan siap menjadi tuan rumah MotoGP 2017 yaitu terkait dengan master plan secara keseluruhan termasuk sirkuit serta harus ada surat kesungguhan menjadi tuan rumah.”Banyak negara mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah, tapi kami memprioritaskan Indonesia. Jika tidak bisa, bisa saja kami serahkan ke negara lain,” katanya usai bertemu dengan Menpora Imam Nahrawi di Kantor Kemenpora Jakarta.

Menurut dia, dua persyaratan yang diajukan harus secepatnya dipenuhi paling lambat akhir November tahun ini karena pada waktu tersebut akan dilakukan pertemuan antara Dorna dengan FIM guna menetapkan kalender balap MotoGP 2017.

Ada beberapa negara yang telah siap menjadi salah satu tuan rumah MotoGP 2017 jika Indonesia gagal memenuhi semua persyaratan di antaranya adalah Thailand, Brazil, Chile dan Kazaksthan.

Meski sudah mendapat garansi, Indonesia tetap harus bekerja keras untuk melengkapi semua persyaratan yang diajukan oleh Dorna. Dengan demikian, masa depan Indonesia menjadi tuan rumah kejuaraan balap motor paling bergengsi ini tergantung pemerintah dan pihak terkait lainnya.

Sementara itu juru bicara Kemenpora, Gatot S Dewa Broto menjelaskan, jika pemerintah bersungguh-sungguh untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu tuan rumah MotoGP 2017 yang salah satunya dengan memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan. “Menpora sangat bangga Indonesia dipercaya menjadi penyelenggara MotoGP. Yang jelas ada beberapa poin penting yang harus segera dipenuhi,” katanya usai pertemuan dengan pihak Dorna.

BACA JUGA  Moto GP - Rossi Merasa Bersalah Atas Insiden "Tendang-Marquez"

Menurut dia, selain memenuhi semua persyaratan, pihaknya dalam hal ini Kemenpora akan segera mengajukan keputusan presiden (kepres) terkait hal tersebut. Apalagi saat ini sudah ada garansi dari Dorna terkait Indonesia mendapatkan satu slot tuan rumah MotoGP 2017.

MotoGP 2017 akan menjadi garapan bersama antara Kemenpora dan Kementerian Pariwisata. Bahkan rencana ini sudah mendapatkan lampu kuning dari Presiden Joko Widodo. Adapun lokasi perlombaannnya kemungkinan besar dilakukan di Sirkuit Internasional Sentul Bogor, Jawa Barat. (Jn16/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...