Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Infrastruktur Selatan Akan Segera Dituntaskan 

jalanPURWOKERTO, Jowonews.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan pemprov Jateng akan terus mengembangkan potensi berbagai sektor di wilayah sisi selatan Provinsi Jateng sebagai upaya pemerataan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan perekonomian di Jateng. Jika selesai, nantinya kemajuan dan kesejahteraan di Jateng antara yang di utara dan selatan bisa seimbang.

“Kita akan dorong untuk sisi selatan Jateng dihidupkan dan kalau ini bisa berjalan maka harapannya pulau Jawa tidak miring ke utara,” kata Ganjar pada pembukaan Pesta Rakyat 2015 dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-65 Provinsi Jawa Tengah yang dipusatkan di kompleks GOR Satria Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat malam.

Pesta rakyat peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Tengah ke 65 secara resmi dibuka oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Jumat malam (21/8) kemarin. Rangkain dari acara pembukaan adalah parade seni. Ada pemandangan menarik dalam pentas parade seni itu, yaitu ikut tampilnya delapan bule dari Belgia. Bule itu tampil bersama dengan penampilan seni dari 35 kabupaten/kota se Jateng, serta utusan dari Jawa Barat dan Jawa Timur.

Delapan bule asal Belgia itu mahir menarikan tarian kuda lumping khas Jawa Tengah. Para turis itu mampu menyuguhkan gestur tubuh yang menarik dan luwes laiknya para penari Jawa pada umumnya. Padahal kedatangan mereka ke Jateng adalah untuk misi pendidikan. Penampilan  mereka mampu menghibur ratusan ribu warga Jawa Tengah yang tumpah ruah di depan Gedung Olah Raga Satria.

Ganjar menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Jateng dan 35 pemerintah kabupaten/kota akan terus berkembang, bahkan pada 2016 akan sangat sibuk terkait dengan pembangunan infrastruktur yang dilakukan di berbagai bidang.
“Kita akan kejar pembangunan sembilan waduk, kita kejar ‘double track’ di sisi selatan karena di utara sudah beres, dan tadi kita sudah ‘ground breaking’ untuk jalur lingkar Sumpiuh agar trafiknya tidak lagi melewati jalur kereta api,” ujarnya.

BACA JUGA  Pemprov Bayar Proyek Belum Selesai, 21 Pekerjaan Tidak Tepat Waktu

Selain itu, kata dia, perbaikan dan pelebaran jalur Daendels (Kabupaten Kebumen dan Purworejo) akan mulai memasuki tahap lelang pada Agustus 2015 sehingga Januari 2016 sudah bisa mulai dikerjakan.
“Seluruh jalan di jalur selatan akan kita bereskan tahun depan, bahkan anggaran infrastruktur untuk perbaikan jembatan dan jalan meningkat menjadi Rp2,5 triliun pada 2016 sehingga Jateng bisa ‘gas pol’ (tancap gas),” tegasnya.

Pada penghujung pidato, Ganjar mengatakan bahwa perayaan Hari Jadi Provinsi Jateng 2016 akan dipusatkan di salah satu kabupaten/kota di wilayah pantai utara Jateng. “Tahun depan akan kita akan coba ke pantura,” katanya. (JN01)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...