Jowonews

Logo Jowonews Brown

Ingat Ya Status Gunung Merapi Masih Waspada

YOGYAKARTA, Jowonews.com — Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta meyimpulkan bahwa hingga saat ini aktivitas vulkanik Gunung Merapi masih tinggi sehingga statusnya dipertahankan pada level II atau waspada.

“Kegempaan (di Gunung Merapi) pada minggu ini masih fluktuatif di atas kondisi normal,” kata Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta Hanik di Yogyakarta, Jumat.

Menurut Hanik, berdasarkan pangamatan sejak 27 Juli hingga 2 Agustus 2018 masih terjadi sejumlah aktivitas gempa di gunung teraktif di Indonesia tersebut. Gempa Vulkano-Tektonik dangkal (VTB) terekam 23 kali, gempa guguran (RF) 19 kali, gempa Low frequency (LF) terekam tujuh kali, dan gempa tektonik (TT) 28 kali.

Ada pun sesuai pengamatan visual, selama sepekan pada pagi dan malam hari Gunung Merapi diselimuti cuaca cerah, semantara pada siang dan sore hari berkabut.

Pada 27 Juli 2018, kata dia, dari Pos Pengamatan Gunung Merapi juga masih teramati asap berwarna putih, tipis dari puncak gunung itu dengan tekanan gas lemah dan tinggi maksimum 350 meter. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...