Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Ita Dorong PKK Kembangkan Taman Herbal

Hendi-Ita menjawab pertanyaan wartawan. (Foto: Achmad Munif/Jowonews)

Hendi-Ita menjawab pertanyaan wartawan. (Foto: Achmad Munif/Jowonews)
Hendi-Ita menjawab pertanyaan wartawan. (Foto: Achmad Munif/Jowonews)

Semarang, Jowonews.com – Memasuki masa kampanye, calon wakil wali kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu yang akrab disapa Ita mendorong ibu-ibu pembinaan kesejahteraan keluarga (PKK) mengembangkan taman herbal.

Menurut dia, ibu-ibu PKK bisa memanfaatkan lahan yang ada di wilayahnya maupun di sekitar pekarangan rumahnya untuk ditanami berbagai jenis tanaman herbal, sayur, empon-empon, sampai tanaman buah.

“Kebun herbal ini banyak kegunaannya, baik untuk kesehatan, penghematan, maupun peningkatan kesejahteraan keluarga,” katanya usai mengunjungi Taman Herbal “Bejo” Kelurahan Palebon Semarang, Rabu (9/9) kemarin.

Ia mengatakan produk-produk olahan dari taman herbal, seperti minuman beras kencur dan kunir asem yang dihasilkan juga bisa dipasarkan secara luas untuk membantu meningkatkan perekonomian keluarga. “Ibu-ibu bisa membuat minuman kesehatan dari taman herbal ini, bisa juga memetik sayuran, seperti tomat, cabai, dan sebagainya untuk memasak. Jadi, bisa lebih berhemat uang belanja,” katanya.

Seperti ibu-ibu PKK yang mengelola taman herbal di Kelurahan Palebon, kata dia, selama ini ternyata sudah membuat minuman beras kencur dan kunir asem yang diolah dari tanaman-tanaman herbal. “Sebenarnya, ibu-ibu ini sudah tahu di hulunya, tetapi tidak tahu hilirnya. Maka, menjadi tugas pemangku kebijakan untuk membantu pemasarannya. Prospeknya untuk usaha ke depan sangat bagus,” katanya.

Selain taman herbal di Palebon, Ita mengakui sebelumnya juga mengunjungi taman herbal di Kelurahan Gemah yang ternyata dimanfaatkan pula untuk pembibitan tanaman untuk dibagikan kepada warga sekitar. “Saya rasa sangat bagus. Jadi, warga bisa ikut menanam berbagai tanaman yang bermanfaat. Lingkungan juga menjadi lebih ijo royo-royo. Di sekeliling taman herbal dimanfaatkan pula untuk kolam ikan,” katanya.

Ita mengatakan ibu-ibu PKK di Kelurahan Gemah mengaku sudah panen ikan sampai dua kali dan tidak perlu lagi membeli ikan di pasar sehingga sangat membantu efisiensi pengeluaran belanja. “Makanya, kalau saya dipercaya menjadi wakil wali kota, saya akan optimalkan ini. Kalau perlu, saya petakan. Jadi, taman herbal di sini untuk tanaman A, di tempat lain B, dan sebagainya,” pungkasnya.

Ita berpasangan dengan calon wali kota Hendrar Prihadi (Hendi) diusung tiga partai politik, yakni PDI Perjuangan, Nasdem, dan Demokrat pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang 2015. (JN03)

BACA JUGA  Ditinggal Nyalon Wakil Walikota, Jabatan Direktur SPHC Akan Dilelang

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...