Jowonews

Logo Jowonews Brown

Jateng Kirim 42 Ribu Ton Beras ke Luar Jawa

MAGELANG, Jowonews.com — Perum Bulog Divre Jawa Tengah hingga Oktober 2017 sudah mengirim beras ke luar Pulau Jawa sebanyak 42.000 ton, kata Kepala Bulog Divre Jateng Djoni Nur Ashari.

Djoni mengatakan beras tersebut dikirim ke daerah devisit, antara lain Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Barat, kalimantan Tengah, dan kalimantan Timur.

Ia mengatakan penyerapan gabah dan beras saat ini kondisinya memang sulit tetapi bukan tidak mungkin apabila saling bahu-membahu melakukan upaya optimalisasi mudah-mudahan di Jateng masih ada yang bisa dicapai lebih tinggi lagi.

“Buktinya, biasanya penyerapan rata-rata harian di bawah 1.000 ton, kemarin (18/10) bisa mencapai 1.018 ton,” katanya di Magelang, Kamis (19/10).

Ia menuturkan penyerapan tersebut lebih tinggi dibanding Jatim sebanyak 710 ton, Jabar 229 ton, dan Sumsel 64 ton.

“Kami masih cukup optimistis. Kami terus membangun motivasi mencapai target yang sudah ditentukan. Sebenarnya kalau hanya memikirkan Jateng saja sudah selesai, karena stok bisa sampai akhir Februarti bahkan sampai Maret 2018, tetapi Jateng ini adalah sentra yang diharapkan dapat membantu daerah devisit,” katanya.

Ia menuturkan tahun ini sudah swasembada, karena stok nasional yang dimiliki Bulog cukup sampai akhir tahun, namun harus memikirkan cadangan.

“Ibarat pegawai mendapat gaji bulanan mungkin cukup, tetapi perlu tabungan untuk berjaga-jaga kalau ada keperluan di luar dugaan. Saya kira beras juga begitu kalau sampai akhir tahun sudah cukup stok nasional untuk kebutuhan rutin penyaluran rastra dan cadangan untuk kebutuhan darurat,” katanya. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...