Jowonews

Logo Jowonews Brown

Jateng Siap Jadi Pelatnas Asian Games 2018

Ganjar Pernah Beri AMplop Wartawan. (Foto : IST)
Ganjar Pernah Beri AMplop Wartawan. (Foto : IST)
Ganjar Pranowo

Semarang, Jowonews.com – Provinsi Jawa Tengah menyatakan kesiapannya untuk menjadi tempat pemusatan latihan nasional (pelatnas) saat Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggara Asian Games 2018.

“Jateng siap ditugasi untuk beberapa cabang olahraga. Tidak usah banyak-banyak,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada pembukaan Rapat Koordinasi (Rakor) KONI Pusat di Hotel Patra Semarang, Senin (10/8) malam.

Menurut Ganar, dirinya akan mendekati para pengusaha di Jateng untuk berbagi soal penanganan atlet yang latihan di sini. “Pengusaha besar yang ada di Jateng akan kita dekati, pada dasarnya kami siap menerima tugas untuk itu,” katanya menegaskan.

Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman mengatakan rapat koordinasi yang berlangsung tiga hari ini menjadi bahan evaluasi hasil yang dicapai Indonesia pada SEA Games 2015 Singapura.

Menurut dia, pada SEA Games 2015 di Singapura, Indonesia menempati posisi kelima dengan 47 medali emas. Ini memang hasil yang kurang menggembirakan dan tentunya ke depan perlu dukungan yang penuh dari para steakholder olahraga di Indonesia.

Ia mengatakan, sesuai hasil di SEA Games Singapura tersebut, dirinya tidak melempar tanggung jawab, apalagi menyalahkan atlet. “Saya beranggapan bahwa prestasi tidak bisa dilakukan dengan setengah hati tetapi harus melalui kerja keras,” katanya.

Di samping itu, kata dia, melalui rapat koordinasi ini juga untuk persiapan Indonesia menyongsong pelaksanaan Asian Games 2018. “Tentunya sebagai tuan rumah, kita tidak ingin hanya sukses penyelenggaraan tetapi juga sukses prestasi,” katanya.

Ia menambahkan, dirinya juga sudah melakukan pemetaan olahraga unggulan daerah, masing-masing daerah akan diserahi untuk membina cabang olahraga karena melalui pembinaan olahraga yang tepat tentunya akan menghasilkan atlet yang membanggakan.

Tono Suratman menambahkan, rapat koordinasi ini merupakan terakhir di penghujung masa jabatannya yang akan selesai tiga bulan lagi. “Di tengah minimnya dana APBN ternyata KONI masih tetap eksis,” katanya.

BACA JUGA  Jelang Panen, Petani Gelar Selamatan

Usai pembukaan Rapat Koordinasi tersebut, Tono Suratman juga menyatakan kesiapannya untuk maju pada pencalonan sebagai ketua KONI Pusat pada Musyawarah Olahraga Nasional (Musornas) mendatang. “Saya siap untuk maju jika didukung KONI Provinsi dan pengurus besar cabang olahraga,” katanya. (JN03)

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...