Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Jateng Tunggu Anggaran Pembuatan KTP Anak

SEMARANG, Jowonews.com – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menunggu pencairan anggaran pembuatan kartu tanda penduduk khusus anak atau kartu identitas anak dari pemerintah pusat.

“Saat ini kami masih menunggu anggaran pembuatan kartu identitas yang masih dalam proses penghitungan pemerintah pusat dan akan diambilkan dari APBN,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kependudukan Jawa Tengah Wika Bintang di Semarang, Senin.

Menurut dia, dari 35 kabupaten/kota di Jateng, ada empat daerah yang akan menjadi lokasi uji coba pembuatan KTP khusus anak.

“Keempat daerah itu adalah Kota Surakarta, Kota Magelang, Kota Salatiga, dan Kabupaten Batang,” ujarnya.

Wika mengaku belum mengetahui jumlah anggaran yang dibutuhkan dan format pembuatan KTP anak karena masih dilakukan koordinasi di tingkat pusat.

“Format pembuatannya saya belum mengetahui, tapi yang jelas tidak menyusahkan masyarakat, mungkin nanti teman-teman (dari Dispenduk) akan aktif mendatangi ke rumah sakit dan orang tua tinggal mengambil KTP anak di kantor kecamatan,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa pihaknya mulai melakukan pendataan terkait dengan salah satu program pemerintah berupa kartu tanda penduduk khusus anak.

“Pendataan untuk kartu identitas anak (KTP khusus anak) sudah mulai dilakukan di masing-masing daerah,” kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di sela kunjungan kerja di Semarang, Kamis (11/2).

Menurut Mendagri, pendataan guna keperluan pembuatan KTP khusus anak akan menggunakan data-data mengenai anak yang sudah ada di tiap kecamatan dan kelurahan.

Mendagri menjelaskan bahwa KTP khusus anak akan diberikan secara gratis kepada anak yang bersekolah di tingkat pertama hingga usia 17 tahun.

Pembuatan KTP khusus anak ini merupakan salah satu wujud pemberian hak konstitusional anak sebagai warga negara Indonesia dari pemerintah. (Jn16/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...