Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Jelang Kemarau, BPBD Temanggung Siapkan Stok Air Bersih

bpbd temanggungTemanggung, Jowonews.com – Pihak Pemkab melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung,  menyiapkan bantuan air bersih untuk membantu masyarakat di daerah yang dilanda kekeringan pada musim kemarau nanti.

Menurut Kepala BPBD Kabupaten Temanggung Agus Widodo di Temanggung, Selasa, mengatakan bahwa sejak awal pihaknya telah menganggarkan bantuan air bersih sebanyak 400 tangki untuk mengatasi kebutuhan air bersih di daerah krisis air. “Sejak awal tahun anggaran sudah kami ajukan agar saat dibutuhkan nanti sudah benar-benar siap,” katanya, Selasa (19/5) kemarin.

Pihak pemkab menyetujui anggaran sekitar Rp80 juta atau sekitar 400 tangki pengadaan bantuan air bersih.  Berdasarkan pengalaman tahun lalu, kata dia, persiapan 400 tangki tersebut mencukupi kebutuhan air bersih masyarakat di sejumlah daerah yang mengalami kekeringan dan krisis air bersih selama musim kemarau.

Berdasarkan hasil survei dan pemetaan, kata dia, daerah rawan kekeringan tahun ini sekitar tujuh kecamatan, yakni Kaloran, Kranggan, Kandangan, Bejen, Jumo, Candiroto, dan Bulu. Namun, lanjut dia, tidak menutup kemungkinan daerah rawan krisis air bersih bisa bertambah mengingat dari tahun ke tahun kondisi alam terus berubah, apalagi sekarang banyak lahan yang beralih fungsi menjadi bangunan. (JN03)

BACA JUGA  Hadapi Kemarau, BPBD Cilacap Siapkan 500 Tangki Air Bersih

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...