Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Jelang Libur Panjang Tiket KA Ludes Terjual

PURWOKERTO, Jowonews.com – Tiket kereta api reguler lintas selatan Jawa untuk beberapa tanggal keberangkatan saat libur panjang akhir pekan, 5-8 Mei 2016, telah habis terjual, kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto Surono.

“Ada tiga tanggal keberangkatan yang tiketnya habis terjual, yakni tanggal 4 dan 5 Mei dari arah Jakarta dan Bandung tujuan Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur, serta tanggal 8 Mei untuk keberangkatan balik menuju Jakarta dan Bandung,” katanya di Purwokerto, Jawa Tengah, Selasa.

Sementara untuk keberangkatan tanggal 7 Mei tujuan Jakarta, kata dia, tinggal menyisakan 40 lembar tiket KA Eksekutif Bima.

Selain KA reguler dari arah Jakarta dan Bandung, lanjut dia, tiket KA Logawa dari Purwokerto tujuan kota-kota di wilayah timur Jateng dan Jatim untuk keberangkatan tanggal 5 Mei juga telah habis terjual sedangkan tanggal lainnya masih tersedia.

“Data ketersediaan tiket ini berdasarkan pantauan ‘Rail Ticket System (RTS)’ pada hari Selasa (26/4), pukul 09.00 WIB,” katanya.

Ia menduga faktor kenyamanan, keamanan, dan kepastian waktu tempuh menjadi alasan sebagian besar masyarakat lebih memilih transportasi kereta api.

Dalam hal ini, dia mencontohkan waktu tempuh kereta api rute Jakarta-Purwokerto dan sebaliknya rata-rata hanya lima jam perjalanan.

Lebih lanjut, Surono mengatakan bahwa PT KAI akan menjalankan KA Argo Dwipangga Tambahan jurussan Gambir-Solo pergi pulang (pp) yang membawa delapan rangkaian kereta eksekutif dengan kapasitas 400 tempat duduk per hari guna mengantisipasi tingginya permintaan tiket dari masyarakat pada masa libur panjang akhir pekan.

Menurut dia, liburan panjang akhir pekan itu dikarenakan adanya hari libur Kenaikan Isa Almasih pada hari Kamis (5/5) dan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW pada hari Jumat (6/5) yang bersambungan dengan libur Sabtu dan Minggu sehingga dimanfaatkan masyarakat untuk pulang kampung.

BACA JUGA  Rute dan Harga Tiket Kereta Api Banyubiru, Argo Merbabu dan Pandalungan

“Dengan demikian, permintaan tiket KA untuk tanggal keberangkatan yang berbarengan liburan panjang tersebut cukup tinggi sehingga PT KAI akan mengoperasikan KA Argo Dwipangga Tambahan. Layanan penjualan tiket KA Argo Dwipangga Tambahan akan segera dibuka dalam waktu dekat,” katanya.

Ia mengatakan bahwa PT KAI setiap harinya mengoperasikan 22 KA reguler lintas selatan Jawa dengan kapasitas 12.640 tempat duduk dari Jakarta tujuan Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Malang, serta Surabaya dan sebaliknya.

Sementara dari Bandung ke arah timur dan sebaliknya disediakan sembilan KA reguler dengan kapasitas 3.950 tempat duduk. (jn03/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...