Jowonews

Logo Jowonews Brown

Jelang Pelantikan Presiden, Pemprov Jateng Ajak Masyarakat Tolak Radikalisme dan Anarkisme

BATANG, Jowonews.com – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengajak masyarakat Kabupaten Batang menolak radikalisme dan gerakan anarkis serta mengantisipasi gerakan teroris menjelang pelaksanaan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024.

Sekretaris Daerah Jateng Puryono usai melakukan penanaman mangrove di Pantai Sicepit, Kabupaten Batang, Jumat, mengatakan bahwa masyarakat harus mendukung penuh dan menjaga kondusivitas daerahnya menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI pada 20 Oktober 2019.

“Pilpres 2019 telah dimenangkan oleh pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin sehingga rakyat harus mendukung penuh pada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih,” katanya di hadapan Forkompimda, organisasi kemasyarakatan, dan ratusan warga.

Ia mengatakan dukungan pelantikan tersebut merupakan bentuk pengejawantahan demokrasi yang secara konstitusional telah dimenangkan oleh pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Kita sebagai warga negara Indonesia yang baik wajib mendukung presiden terpilih. Kita harus menolak aksi anarkis dan mengantisipasi adanya gerakan teroris,” katanya.

Menurut dia, untuk menumpas dan meminimalisasi paham radikal harus melibatkan masyarakat pada tingkat desa, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas.

“Jadi kalau ada tamu dua kali 24 jam yang mencurigakan segera laporkan pada yang berwewenang. Jika desa mampu mengantisipasi hal itu maka negara pasti akan sukses. Kita perlu menanam sejak dini kepada kader bangsa yang harus tetap bisa menjaga NKRI dan Pancasila,” katanya.

Bupati Batang Wihaji mengatakan sejarah bangsa Indonesia lahir dari berbagai keberagaman dan kebhinnekaan tetapi tetap bersatu dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Oleh karena itu, kami mengajak masyarakat tetap menjaga keutuhan NKRI dan kondusivitas wilayah masing-masing. Jika ada seseorang yang mencurigakan dengan mengajarkan atau mengajak gerakan radikal, kami minta segera laporkan ke pihak keamanan,” katanya. (jwn5/ant)

BACA JUGA  Peneliti LIPI Sebut Permasalahan Indonesia Bukan Radikalisme

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...