Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Jelang Pilkada 2020, KPU Jateng Intensifkan Koordinasi

SEMARANG, Jowonews.com – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah mengintensifkan komunikasi dengan jajaran KPU di 21 kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan pilkada secara serentak pada 2020.

“Kami terus berkoordinasi dengan teman-teman KPU di 21 kabupaten/kota dalam hal persiapan penandatanganan NPHD (naskah perjanjian hibah daerah),” kata Ketua KPU Jawa Tengah Yulianto Sudrajat di Semarang, Senin.

Ia menjelaskan KPU Jateng hanya melakukan koordinasi, supervisi, dan asistensi jajaran KPU di 21 kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan pilkada serentak pada tahun depan.

Menurut dia, koordinasi tersebut dilakukan dengan tujuan agar KPU kabupaten/kota segera membahas penganggaran dengan pemerintah daerah masing-masing.

“Kami juga berkoordinasi penuh dengan Pemprov Jateng agar membantu mengintensifkan komunikasi antara KPU kabupaten/kota dengan pemda,” ujarnya usai menjadi pembicara pada diskusi publik bertema “Transformasi Parlemen Modern” di Hotel Gets Semarang.

Harapannya, lanjut dia, KPU dan Pemrpov Jateng bisa melakukan sosialisasi bersama agar pilkada serentak di 21 kabupaten/kota pada 2020 bisa berjalan sukses.

Koordinator Divisi Humas dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Jawa Tengah Rofiuddin mengungkapkan bahwa selain politik uang, praktik penggunaan fasilitas pemerintah untuk berkampanye dan netralitas aparatur sipil negara juga menjadi fokus pencegahan dari Bawasalu Jateng pada 21 pilkada mendatang.

Daerah di Provinsi Jateng yang akan menyelenggarakan pilkada serentak pada 2020 itu antara lain, Kabupaten Blora, Boyolali, Demak, Grobogan dan Kebumen, Kota Magelang, Pekalongan, Semarang, serta Surakarta. (jwn5/ant)

BACA JUGA  Meminimalisir Jatuhnya Korban Pasca Pilkada 2020, KPU Jateng Dorong Penggunaan e-Rekap

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...