Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Jelang Puasa, Bahan Pokok di Kendal Alami Kenaikan

KENDAL, Jowonews.com – Menjelang puasa, sejumlah harga bahan pokok di pasar tradisional mengalami kenaikan. Penyebab kenaikan diperkirakan karena banyaknya permintaan, sehingga stok berkurang.

Kenaikan harga tersebut terjadi pada bawang putih dan beras. Pantauan di Pasar Kendal, harga bawang putih mencapai Rp40.000 per kilogram, dari harga semula Rp34.000 per kilogram. Sedangkan beras yang mengalami kenaikan harga jenis IR 64 yakni Rp205.000 per karung, dari harga sebelumnya Rp200.000 per karung

Beras jenis mentik juga naik dari harga Rp265.000 menjadi Rp270.000 per karung. Kenaikan harga ini mulai terjadi sejak sepekan terakhir dan hampir naik setiap harinya.

Siti Munawaroh, pedagang di Pasar Kendal mengatakan, kenaikan harga ini diakibatkan pasokan dari distributor mengalami pengurangan.

Menurutnya, kenaikan harga ini diperkirakan masih akan terus terjadi, menjelang puasa hingga lebaran nanti. Bahkan, kenaikan harga akan disusul oleh komoditas lain, seperti daging.

“Sudah menjadi rutin di tiap tahun, kalau menjelang puasa harga-harga naik,” ujar Munawaroh.

Rohmah, pedagang beras di Pasar Kendal menambahkan kenaikan harga beras sudah terjadi dua pekan ini. Hanya dua jenis beras yang mengalami kenaikan harga, sedangkan yang lain masih stabil.

“Kenaikan harga saat ini lima ribu per karung yang isinya 25 kilogram. Namun tidak semua jenis beras naik hanya beras mentik dan IR 64 yang mengalami kenaikan,” jelas dia.

Untuk saat ini, diakuinya, permintaan beras meningkat. Sementara pengiriman beras jenis metik dan IR 64 juga berkurang. Dalam sehari bisa menjual beras sekitar dua ton beras jenis IR 64, sedangkan untuk jenis bramo, mentik paling bisa menjual satu ton perhari. (JN09/jn03)

BACA JUGA  Jelang Ramadan Tahun Ini, Harga Ayam di Solo Mulai Turun

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...