Jowonews

Logo Jowonews Brown

Jelang Ramadhan Dan Lebaran, Bulog Jamin Ketersediaan Beras

SEMARANG, Jowonews.com – 1,8 Juta Ton beras di persiapkan Perum Bulog untuk menghadapi Bulan Ramadhan dan Hari Raya Lebaran. Dengan jumlah tersebut stok yang disiapkan dijamin cukup untuk menghadapi dua momen besar pada tahun ini.

Direktur SDM dan Umum Perum Bulog Bagya Mulyanto mengatakan, stok bahan pangan, seperti beras, gula, minyak goreng, tepung terigu, daging kerbau dan daging ayam sangat cukup untuk menghadapi Ramadhan dan Lebaran tersebut.

“Bulan Ramadhan maupun hari raya kita sudah persiapan, baik beras, minyak goreng, tepung terigu, daging kerbau, daging ayam, gula. Kita sudah siap. Beras kami punya stok 1,8 juta ton, untuk gula kita jaga stok persiapan sekitar 30.000 ton. Tapi ini kita juga produksi terus gulanya,” kata Bagya di Semarang, Sabtu (13/04)

Dikatakan, Bulog terus melakukan berbagai persiapan khusus untuk menjamin ketersediaan bahan pangan bagi masyarakat aman.

Menurutnya, meskipun penyerapan gabah dari petani menemui kendala karena masa panen yang sporadis atau tidak serentak, Bulog terus melakukan penyerapan.

“Serapan gabah petani, walaupun seporadis kita tetap melakukan penyerapan terus. Beras kena banjir, kita keringkan, tetap kita serap,” ujarnya.

Adapun di masa panen tahun ini, kata dia Bulog menargetkan mampu menyerap sebanyak 1,5 juta ton gabah. Jumlah tersebut turun 50% diakibatkan masa panen seporadis dan produsen beras yang mengalami gangguan banjir.

“Kita harapkan target musim panen tahun ini kita bisa menyerap 1,5 juta ton, hari ini 168.000 ton per hari ini. Turun, karena pola panen seporadis, tidak seperti tahun kemarin. Dan ini juga banyak produsen padi yang terjadi banjir, butuh kerja ekstra namun ini demi masyarakat,” tandasnya. (Jwn5)

BACA JUGA  Stok Pangan Di Surakarta, Aman !

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...