Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Jembatan Tirtonadi – Balapan Dibangun Mei

SOLO, Jowonews.com – Pembangunan jembatan penghubung antara Terminal Bus Tirtonadi dengan Stasiun Kerata Api Solo Balapan dipastikan akan dibangun mulai Mei 2016 mendatang. Kepastian ini disampaikan oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pemkot Surakarta Yosca Herman Soedrajad di Solo, Kamis (21/4)

“Proyek yang ditangani Pemerintah Pusat itu masih dalam tahap lelang yang prosesnya dipercepat. Kami perkirakan paling lambat akhir Mei proyek baru dikerjakan,” katanya. Proyek ini akan didanai pemerintah pusat dengan alokasi sebesar Rp21,5 miliar.

Menurutnya, untuk jangka waktu pembangunan tidak berubah, yakni enam bulan. Sebelumnya, pengerjaan proyek juga tertunda pada tahun lalu lantaran “Detail Engineering Design” (DED) harus direvisi beberapa kali, agar lahan warga yang terdampak proyek bisa diminimalkan. Proyek tersebut juga harus dikoordinasikan dengan beberapa instansi, seperti Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), dan PT Telkom.

Dijelaskan, desain jembatan penghubung juga berubah. Misalnya konstruksi atap yang awalnya didesain miring, kemudian diganti lurus. Begitu pula dengan lebar jalan penghubung ditambah, dari 2,7 meter menjadi tiga meter. “Semula lebar jalan memang didesain selebar 2,7 meter, karena termakan tiang pancang bangunan. Tapi pancang bangunan diputuskan hanya satu, tidak dua seperti gambar awal,” jelasnya.

Jembatan yang membentang dari terminal ke stasiun bakal memiliki panjang 460 meter berdasar pemetaan, terdapat dua rumah warga yang bakal terdampak proyek karena jembatan dibangun di bagian atas hunian mereka. “Selama pengerjaan, penghuni dua rumah itu akan dipindahkan sementara ke tempat lain. Akan disediakan tempat bagi mereka,” kata Herman.

Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo menegaskan pembangunan jembatan penghubung Terminal Bus Tirtonadi dan Stasiun Solo Balapan tersebut bukan sekadar proyek infrastruktur. “Tapi penyediaan fasilitas perhubungan kepada masyarakat. Tugas pemerintah adalah penyediaan fasilitas transportasi kepada masyarakat, salah satunya dengan pembangunan jalan layang itu,” tandasnya. (JN19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...