Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Jepara Nominator Terbaik Pengelolaan Arsip Tingkat Nasional

JEPARA, Jowonews.com – Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, berhasil masuk nominasi enam besar lomba kearsipan daerah tingkat nasional, kata Kepala Kantor Arsip Daerah Kabupaten Jepara Nurkowan.

“Sebelumnya, Kabupaten Jepara menjadi juara pertama tingkat provinsi dalam perlombaan LKD, kini ditunjuk sebagai wakil Jateng untuk mengikuti perlombaan tingkat nasional,” ujarnya di Jepara, Selasa.

Pengelolaan arsip di Kabupaten Jepara, kata dia, juga mendapatkan pengakuan secara nasional, karena saat ini masuk kini Kabupaten Jepara berhasil masuk nominasi enam besar tingkat nasional.

Prestasi tersebut, kata dia, melengkapi sejumlah prestasi bidang kearsipan yang diraih dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir.

Di antaranya, kata dia, diperoleh pada tahun 2013 menjadi juara I tingkat provinsi, tahun 2015 juara II tingkat provinsi dan tahun 2016 juara I tingkat provinsi dan maju sebagai wakil Jawa Tengah ke tingkat nasional.

Selain itu, kata dia, sebelumnya juga pernah meraih prestasi dalam lomba tertib administrasi desa dan empat kali mendapatkan juara pertama tingkat provinsi.

Ia menjelaskan, perlombaan LKD merupakan agenda rutin setiap tahun.

Penilaian perlombaan tersebut, meliputi pengelolaan, penataan dan penyimpanan arsip ataupun surat aktif atau non aktif, kebijakan dan inovasi atau terobosan yang dilakukan kantor arsip.

Kabupaten Jepara, kata dia, akan bersaing dengan kabupaten/kota lainnya, seperti Kabupaten Bogor, Kabupaten Probolinggo, Kota Jogyakarta, Kota Pangkal Pinang dan Kota Payakumbuh.

Model penilaian yang dilakukan oleh Arsip Nasional Repubik Indonesia (ANRI), kata dia, mulai penyebaran daftar pertanyaan kepada responden, verifikasi kepada arsiparis dan staf serta pimpinan di Kantor arsip daerah.

Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) binaan kantor arsip daerah, kata dia, ikut dinilai.Jn16-ant

BACA JUGA  Pemegang Kartu PKMS Silver Tidak Dapat Bantuan Lagi

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...