Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Jika Tak Disubsidi, Tarif BRT Rp6.600

SEMARANG, Jowonews.com – Penurunan harga BBM belakangan ini tidak mempengaruhi harga tiket Bus Rapit Transid (BRT) Trans Semarang. Badan Layanan Umum (BLU) Trans Semarang memastikan harga tiket BRT tak terpengaruh dengan naik-turunnya harga bahan bakar minyak (BBM) karena komponen biayanya disubsidi oleh Pemerintah Kota Semarang.

“Mau (harga, red.) BBM naik, mau turun, tarif tiket Trans Semarang tetap Rp3.500/orang untuk dewasa dan Rp1.000/orang untuk pelajar. Itu semua harga subsidi,” kata Kepala BLU Trans Semarang Joko Umboro Jati di Semarang.

Ia menjelaskan penetapan tarif tiket Trans Semarang diatur dengan keputusan wali kota dan selama ini belum ada perubahan atas keputusan tarif meski harga BBM beberapa kali mengalami kenaikan dan penurunan.
Namun, kata dia, pengaruh kenaikan dan penurunan harga BBM memang dirasakan pada beban operasional Trans Semarang meski tidak dibebankan kepada masyarakat secara penuh dengan subsidi yang diberikan.

“Selama ini, tarif tiket penumpang Trans Semarang masih disubsidi. Begini, seandainya tidak disubsidi maka tarif yang dikenakan kepada penumpang Trans Semarang di kisaran Rp6.600/orang,” tuturnya.

Menurut dia, pengelolaan Trans Semarang memang tidak semata-mata mengandalkan profit atau keuntungan, tetapi lebih berorientasi pada “benefit” atau manfaat yang dirasakan oleh masyarakat luas.
“Anggaran yang diberikan Pemkot Semarang untuk pengelolaan Trans Semarang juga terus meningkat. Dari tahun lalu, anggaran dananya sekitar Rp53 miliar, tahun ini naik menjadi Rp73 miliar,” imbuhnya. (JN19/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...