Jowonews

Logo Jowonews Brown

Jokowi Emosi Dirinya Dituduh PKI

JAKARTA, Jowonews.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang biasanya santai menghadapi sesuatu mendadak emosi saat bicara soal PKI (Partai Komunis Indonesia), apalagi dia dan keluarganya dituduh bagian dari PKI, Rabu (17/5/2017) kemarin di Jakarta.

Awalnya Jokowi membuka dialog dengan menceritakan apa yang sedang dikerjakannya dan apa hasilnya. Jokowi selalu bercerita soal ini, lantaran masyarakat harus mendapatkan informasi yang benar tentang pembangunan yang sedang dilakukan pemerintah.

Dia bicara pembangunan pelabuhan, terkahir soal jalur trans Papua yang baru sepekan kemarin dikunjungi dan juga dijajal dengan sepeda motor trail.  Mantan Gubernur DKI Jakarta ini kemudian juga bercerita tentang pertumbuhan ekonomi yang dianggap sudah baik dan berbagai kemajuan pembangunan infrastruktur di berbagai daerah.

Bicara ekonomi dan politik, Jokowi masih kalem. Emosi Jokowi mulai naik ketika bicara soal penegakan hukum. Terutama soal munculnya para pendemo. Jokowi menegaskan, tak ada larangan demo karena menyampaikan pendapat di muka umum sudah dijamin konstitusi. “Hanya saja, demo harus sesuai aturan. Jangan melanggar,”katanya.

Soal ini, Jokowi sudah menginstruksikan Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk melakukan langkah hukum kepada suara-suara yang memecah belah bangsa. Selama ada fakta dan bukti yang kuat. “(kalau perlu) gebuk, gebuk saja,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, emosi Jokowi semakin meledak saat bicara soal isu kemunculan PKI. Dia kesal karena isu itu terus dikaitkan dengannya, bahkan sampai keluarganya. Ini sudah terjadi sejak masa kampanye Pilpres 2014. Salah satu tuduhan itu misalnya termuat dalam buku berjudul Jokowi Undercover.

“Saya dilantik jadi Presiden yang saya pegang konstitusi, kehendak rakyat. Bukan yang lain-lain. Misalnya PKI nongol, gebuk saja. TAP MPR jelas soal larangan itu. Apalagi mengaitkan dengan saya. PKI dibubarkan itu saya baru berumur 4 tahun. Orang tua lah dituduh macem-macem,” tandas mantan Wali Kota Solo ini.

Dalam sesi tanya jawab, berbagai pertanyaan muncul. Misalnya, ada yang menanyakan kenapa Jokowi menggunakan kata “gebuk” untuk para pendemo. “Maaf terakhirnya kok jadi agak emosional. Jengkel soalnya,” kata Jokowi, menutup pengantar.

Terkait kata gebuk, kata tersebut populer karena kerap digunakan di era Presiden Soeharto terhadap para lawan politiknya. Soal itu, Jokowi bilang karena dirinya sudah benar-benar jengkel dengan berbagai perdebatan yang terjadi saat ini. Sebagai negara demokrasi dan negara hukum, sebaiknya para pendemo tetap berada di koridor itu.

“Kalau ada yang keluar dari koridor itu istilah yang tepat adalah gebuk, kalau pakai istilah jewer nanti dibilang Presiden nggak tegas,” ujarnya.

Dia pun meminta masyarakat untuk tak membuang energi. Menurutnya, negara lain saat ini sedang sibuk bergerak untuk terus melakukan inovasi teknologi. China, misalnya, memiliki Jack Ma, bos Alibaba, yang melakukan inovasi e-commerce. Di Amerika Serikat, ada Elon Musk yang dengan perusahaan luar angkasa SpaceX berencana memindahkan manusia ke Planet Mars.

“Orang lain sudah bahas urusan luar angkasa, bicara mobil fantasi masa depan, SpaceX, kita urusan cantrang tidak rampung-rampung. Yang lain sudah bicara soal inovasi smartphone, kita masih demo, fitnah, tidak selesai-selesai,” tukasnya. (JWN3)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...