Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Jokowi Kunjungi UNS dan Waduk Gondang Karanganyar

SOLO, Jowonews.com – Presiden Joko Widodo melakukan rangkain kunjungan ke beberapa tempat di Jawa Tengah, Jumat (11/3) pagi. Selain mengunjungi Universitas Sebelas Maret, Surakarta untuk memberikan kuliah umum, Jokowi juga meninjau pembangunan Waduk Gondang, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah, Jumat (11/3).

“Pagi ini, Jumat 11 Maret 2016, Presiden Joko Widodo akan memberikan kuliah umum pada Sidang Senat Terbuka Dalam Rangka Lustrum ke-8 Universitas Sebelas Maret,” demikian siaran pers dari Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana yang diterima Antara di Surakarta, Jumat.

Setelah memberikan kuliah umum, Presiden akan melanjutkan kunjungan ke Waduk Gondang, di Kecamatan Kerjo. Di waduk itu, Presiden akan disambut oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Waduk Gondang dibangun untuk mendukung ketahanan pangan nasional, pengendali banjir di wilayah Karanganyar, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Waduk juga berfungsi untuk menambah pasokan air baku di Kabupaten Karanganyar dan Sragen.

Selama ini daerah irigasi di kawasan tersebut sepenuhnya mengandalkan pasokan air dari Bengawan Solo. Sehingga setiap musim kemarau tiba, pasokan air akan berkurang dan menimbulkan kekeringan serta gagal panen.
Waduk Gondang direncanakan memiliki volume tampung total 10 juta meter kubik untuk mengairi daerah irigasi seluas 4.680 hektare. Selain itu, waduk juga diperhitungkan dapat memberikan pasokan air baku sebesar 200 liter/detik yang digunakan untuk budi daya perikanan dan pariwisata.

Sebelumnya pada Desember 2015, Menteri PU-PR Basuki mengatakan proyek infrastruktur yang bersumber dari APBN tersebut akan rampung lebih awal pada tahun 2017 dan sudah bisa dimanfaatkan. Setelah meninjau Waduk Gondang, Presiden dan rombongan akan kembali ke Jakarta menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dan diperkirakan tiba pada petang hari di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta. (JN19/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...