Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Jumat Terakhir, Ribuan Peziarah Padati Makam

KENDAL, Jowonews.com – Ribuan peziarah memadati makam-makam di Kendal pada Jumat terakhir bulan Syakban, Kamis petang. Makam-makam para tokoh penyebar Islam yang ada di Kaliwungu, Kendal, dan Pegandon dipadati para peziarah.

Para peziarah datang ke makam untuk berdoa dengan membaca tahlil dan Surat Yasin. Banyaknya peziarah yang datang ke makam membawa berkah bagi penjual bunga. Omzet penjualan bunga mengalami kenaikan hingga 100 persen lebih.

Di makam Protomulyo, Kaliwungu, para peziarah mendatangi makam Sunan Katong, Kiai Guru, Wali Musyafak, Pangeran Juminah, KH Rukyat, Pakuwojo, dan lain-lain. Sementara di Kendal, peziarah mendatangi makam Wali Joko, Kiai Gembyang dan KHA Abdul Hamid. Sedangkan di Pegandon, peziarah mendatangi makam Pangeran Abinawa di Desa Pekuncen.

Salah satu peziarah Badriyah, 40, mengaku sengaja menyempatkan datang ke makam Protomuyo untuk mendoakan kerabatnya yang sudah meninggal dunia. Warga Tegal kelahiran Kaliwungu ini sengaja datang ke makam jelang puasa.

“Yah sebelum puasa menyempatkan waktu untuk ziarah ke makam kerabat di sini,” ujar Badriyah yang sudah bermukim di Tegal sejak 10 tahun silam.

Menurut Badriyah, agenda ziarah jelang puasa sudah rutin dijalani. Meski menempuh perjalanan jauh, dia mengaku senang menjalaninya. Terkadang naik mobil, tapi tidak jarang naik kereta api turun di Stasiun Kaliwungu.

Peziarah lain Faizah, 36, warga Rowosari mengaku berziarah ke makam kedua orang tuanya di Weleri. Dia mengaku rutin mengunjungi makam kedua orang tuanya yang sudah meninggal dunia tujuh tahun silam.

“Biasanya datang ke makam rutin tiap Kamis sore bersama anak dan suami,” ujar Faizah.

Selain berdoa dia juga membersihkan makam dari kotoran daun yang jatuh dari pohon. (JN09/jn03)

BACA JUGA  Harlah Ansor, Gelar Budaya Masyarakat Kampung

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...