Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

KA Joglokerto Dioperasikan Mulai Besok

Kereta Api
Kereta Api
Kereta Api (IST)

Purwokerto, Jowonews.com – PT Kereta Api Indonesia akan mengoperasikan kereta api baru KA Joglokerto jurusan Solo-Yogyakarta-Purwokerto pergi pulang (PP) mulai 25 September 2015.

“KA Joglokerto merupakan perpanjangan rute KA Joglo Ekspres yang selama ini melayani rute Solo-Yogyakarta PP. KA Joglokerto yang merupakan KA kelas ekonomi komersial akan diluncurkan pada hari Jumat (25/9) di Solo dan Purwokerto,” kata Manajer Komunikasi Perusahaan PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Surononya di Purwokerto, Jawa Tengah, Kamis.

Menurut dia, KA Joglokerto akan berangkat dari Solo menuju Yogyakarta/Purwokerto pukul 06.15 WIB, diberangkatkan dari Yogyakarta pukul 07.19 WIB, dan tiba di Purwokerto pukul 10.01 WIB.

Selanjutnya, kata dia, KA Joglokerto akan diberangkatkan dari Purwokerto menuju Yogyakarta/Solo pukul 10.38 WIB, berangkat Yogyakarta pukul 13.46 WIB, dan tiba di Solo pukul 14.46 WIB. “Dalam perjalanan Solo-Purwokerto pp, KA Joglokerto akan berhenti di Stasiun Kroya, Sumpiuh, Gombong, Kebumen, Kutoarjo, Jenar, Wates, Yogyakarta, Lempuyangan, Klaten, dan Purwosari,” katanya.

Ia mengatakan bahwa KA Joglokerto akan menggunakan sistim tarif batas bawah dan batas atas seperti KA ekonomi komersial lainnya. Kendati demikian, dia mengatakan bahwa tarif KA baru tersebut akan tetap dibuat bersaing dengan moda transportasi darat lain pada rute yang sama.

Dalam hal ini, kata dia, tarif batas bawah untuk jarak Purwokerto-Kebumen, Gombong-Yogyakarta, dan Kutoarjo-Solo atau sebaliknya sebesar Rp50.000 sedangkan tarif batas atasnya Rp100.000.

Sementara untuk jarak Purwokerto-Yogyakarta atau sebaliknya, lanjut dia, tarif batas bawah sebesar Rp60.000 serta tarif batas atas Rp115.000 sedangkan untuk jarak Purwokerto-Solo tarif batas bawahnya sebesar Rp70.000 dan tarif batas atasnya Rp135.000.

“Khusus untuk keberangkatan tanggal 25 September hingga 31 Oktober 2015 akan diberlakukan tarif batas bawah. Selain itu, tiket KA Joglokerto juga bisa dipesan untuk masa tujuh hari sebelum keberangkatan (H-7),” katanya.

Menurut dia, KA Joglokerto juga memberlakukan tarif khusus sebesar Rp20.000 untuk rute Kutoarjo-Yogyakarta dan Yogyakarta-Solo atau sebaliknya.

BACA JUGA  Angkutan Lebaran 2015, Lintasan KAI Tawang - Ngrombo Siap Digunakan

Perubahan Jadwal Surono mengatakan bahwa KA Joko Tingkir jurusan Purwosari-Pasarsenen akan mengalami perubahan jadwal perjalanan mulai hari Jumat (25/9).

Akan tetapi, kata dia, jadwal keberangkatan KA Joko Tingkir jurusan Pasarsenen-Purwosari tidak mengalami perubahan “Perubahan jadwal hanya untuk KA Jaka Tingkir rute Purwosari-Pasarsenen sedangkan untuk rute sebaliknya atau Pasarsenen-Purwosari jadwalnya, tidak mengalami perubahan,” katanya.

Menurut dia, KA Jaka Tingkir jurusan Purwosari-Pasarsenen yang semula diberangkatkan dari Stasiun Purwosari pada pukul 15.45 WIB berubah mundur menjadi pukul 18.14 WIB.

Dengan adanya perubahan jadwal tersebut, kata dia, KA Jaka Tingkir yang semula berangkat dari Stasiun Kutoarjo pada pukul 17.51 WIB berubah menjadi pukul 20.21 WIB dan di Stasiun Purwokerto yang sebelumnya diberangkatkan pukul 19.47 WIB berubah menjadi pukul 22.39 WIB. “Jadwal kedatangan KA Jaka Tingkir di Stasiun Pasarsenen yang semula pukul 00.59 WIB akan berubah menjadi pukul 03.50 WIB,” katanya. (JN03/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...