Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Kabupaten Brebes Diminta Bnagun Kawasan Industri

SEMARANG, Jowonews.com – Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko mengusulkan agar Pemerintah Kabupaten Brebes membangun kawasan industri di wilayah yang lahan pertaniannya tidak produktif dan tidak subur.

“Hal itu bertujuan agar perekonomian di Kabupaten Brebes meningkat dan dapat menurunkan angka kemiskinan yang masih tinggi yakni sekitar 20,28 persen dari jumlah penduduk setempat,” kata Heru di Semarang, Kamis.

Menurut dia, persentase angka kemiskinan di Kabupaten Brebes tersebut masuk ke dalam rapor merah atau di atas persentase pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan pemerintah pusat.

Heru menjelaskan bahwa Pemprov Jateng mengizinkan pengalihfungsian lahan pertanian yang tidak produktif menjadi kawasan industri.

“Areal pertanian di kawasan pantai utara Jateng yang lahannya tidak subur mungkin bisa diproyeksikan untuk kawasan industri,” ujar politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.

Heru mengungkapkan bahwa usulannya itu setelah melihat letak Kabupaten Brebes yang sangat strategis dan menguntungkan karena berada di jalur pantura dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat.

Kendati demikian, Heru mengingatkan agar pembangunan kawasan industri di Kabupaten Brebes tidak melanggar peraturan daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) setempat.

Sebelumnya, Heru pernah menyatakan bahwa Pemprov Jateng tertarik membangun kawasan industri di sepanjang jalur pantura Jateng untuk menarik minat para investor menanamkan investasinya di daerah setempat.

Terkait dengan hal itu, Heru mendorong wilayah pantura, termasuk daerah lainnya, untuk memanfaatkan peluang yang bagus tersebut dengan lebih ramah industri dan komitmen kepala daerah menjadi kunci suksesnya pengembangan investasi. (JN03/Ant)

BACA JUGA  KPU dan Bawaslu Diminta Sinergi Antisipasi Masalah Pilkada

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...