Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kades Temanggung akan “Disekolahkan” di IPDN

TEMANGGUNG, Jowonews.com – Guna meningkatkan SDM dalam mengelola desa, kepala desa (kades) di Kabupaten Temanggung akan “disekolahkan” di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

“Pada 2017 para kades dan perangkat desa bisa mengikuti pelatihan di IPDN selama lima hingga satu pekan untuk belajar manajemen tata pemerintahan desa dan bagaimana mengelola dana desa dari para pengajar di IPDN,” katanya di Temanggung, Minggu (20/11).

Dikatakan, kualitas SDM kades dan perangkat di daerah cenderung kurang. Oleh karena itu proses melengkapi syarat pencairan dana desa dan membuat laporan pertanggungjawabannya cenderung lamban sehingga pencairan dana sering terlambat.

Pihaknya akan mengupayakan nota kesepahaman (MoU) dengan pihak IPDN. Waktunya usai penyelenggaraan rangkaian peringatan HUT Temanggung 2016. Kemudian, akan ditindaklanjuti dengan penganggaran untuk kegiatan pelatihan bagi kades dan perangkat di IPDN melalui APBD 2017.

Gubernur IPDN, Ermaya Surdinata menyambut baik inisiatif dari Bupati Temanggung untuk meningkatkan kualitas SDM para kades dan perangkat desa tersebut. Setelah ada MoU dengan Pemkab Temanggung, katanya pihak IPDN akan segera menyiapkan pengajar terbaiknya untuk membantu memberikan pelatihan dana desa.

Camat Kedu, Joko Prasetija mengungkapkan para kades dan perangkat di wilayahnya kebanyakan hanya lulusan SMP dan sebagian lulusan SMA. Padahal mereka dituntut untuk menyelesaikan persoalan administrasi sebagai syarat pencairan dana desa dengan standar yang lebih tinggi. Sistem yang diterapkan saat ini sama dengan proses penyusunan APBD di kabupaten.

“Bahkan pertanggungjawaban dana desa kerap mengalami kesulitan sehingga pencairan dana desa juga sering terlambat,” imbuhnya. (jn19/ant)

BACA JUGA  Kecelakaan Karambol Terjadi di Tol Bawen-Ungaran

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...