Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

KAI Purwokerto Siagakan AMUS Antisipasi Kondisi Darurat

PURWOKERTO, Jowonews.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 5 Purwokerto, Jawa Tengah, menyiagakan alat material untuk siaga (AMUS) guna mengantisipasi kondisi darurat di jalur rel pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru.

“Selain itu, kami juga menempatkan 17 regu ‘flying gang’ atau ‘emergency response’ jalur rel. AMUS dan regu ‘flying gang’ tersebut disiagakan di Stasiun Prupuk, Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo, dan Stasiun Sidareja,” kata Manajer Komunikasi Perusahaan PT KAI Daop 5 Purwokerto Surono di Purwokerto, Senin.

Dengan demikian, kata dia, regu “flying gang” beserta AMUS yang terdiri atas pasir, balas dan bantalan kayu bisa segera digerakkan ke lokasi untuk menangani gangguan secara cepat jika terjadi kondisi darurat di jalur KA.

Ia mengatakan bahwa penyiagaan regu “flying gang” beserta AMUS itu dilakukan karena intensitas hujan di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto dalam beberapa pekan terakhir cenderung tinggi.

“Di wilayah kerja kami, masih terdapat sejumlah titik rawan longsor, rawan banjir dan rawan ambles. Padahal, selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru, frekuensi kereta yang melintas di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto meningkat dari 102 KA menjadi 108 KA per hari, sehingga kami berusaha mengantisipasi kemungkinan terjadinya kondisi darurat demi kenyamanan penumpang,” katanya.

Lebih lanjut, Surono mengatakan bahwa selain AMUS dan regu “flying gang”, pihaknya juga menyiapkan empat gerbong “rescue” (NR) di Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Cilacap, dan Stasiun Kutoarjo.

Selain itu, kata dia, PT KAI Daop 5 Purwokerto juga menyiapkan lokomotif cadangan di Stasiun Purwokerto, Kroya, dan Kutoarjo guna mengantisipasi gangguan perjalanan KA akibat kerusakan lokomotif.   (Jn16/ant)

BACA JUGA  KAI Purwokerto Siapkan Kondisi Armada hadapi Mudik

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...