Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kapolri Sebut Suasana di Monas Seperti Padang Arafah

JAKARTA, Jowonews.com – Kepala Kepolisian RI Jenderal Tito Karnavian terlihat naik ke panggung aksi demo 2 Desember di lapangan Monas, Jumat (2/12/2016). Jenderal Tito nampak mengenakan seragam PDL lengkap dengan peci warna hitam.

Tito berdiri di atas panggung bersama Ketua GNPF MUI Bahtiar Nasir, Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab dan Panglima GNPF MUI Munarman. “Apakah Polri saudara kita semua, betulkan bapak Kapolri dan jajarannya saudara kita semua,” teriak Bahtiar Nasir dalam pidatonya di Lapangan Monas, Jumat pagi (2/12/2016). “Iya…Allahu Akbar,” seru peserta aksi.

Saat ini massa telah memadati Lapangan Monas. Saat ini tengah dibacakan surat Al Maidah ayat 49 sampai 56. Jemaah nampak khidmat menyimak lantunan ayat suci.

Tito menegaskan kepolisian akan mengawal Aksi Super Damai dengan baik. Korps Bhayangkara juga menjamin aksi berjalan lancar karena Polri mengakomodasi semua kebutuhan massa.“Kita merasakan betapa indahnya Islam. Kita merasakan bagaimana suasana hari ini seperti suasana melaksanakan ibadah haji di Padang Arafah” tegas Tito.

Suasana di Monas yang mirip dengan Padang Arafah, tegas dia, menggambarkan betapa masyarakat mengikuti aksi dengan baik. Untuk itu, ibadah hari ini harus digelar dengan khidmat dan khusyuk.“Kita dekatkan hati kita dengan niat semata-mata kepada Allah SWT. Dan sekaligus mendekatkan hati kita kepada bimbingan kita Nabi Muhammad SAW,” ucap dia.

Di depan massa, Jenderal Tito mengajak peserta aksi untuk tertib mengikuti semua acara. “Jadi hari ini kita beribadah kepada Allah SWT,” kata Tito.

Terkait proses hukum Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Tito menegaskan bahwa dua hari lalu berkas perkara termasuk tersangka sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Agung. Pada Kamis kemarin juga berkas perkara sudah dilimpahkan ke Pengadilan Jakarta Utara.

BACA JUGA  Putin Unggul Jauh dalam Hitung Cepat Pilpres Rusia

Kepada massa, Tito mengatakan bahwa proses hukum atas Ahok terus berjalan. Ahok, kata Tito, sudah beberapa kali diperiksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi namun tak pernah jadi tersangka. Namun ketika ada kasusnya yang ditangani Polri, Ahok bisa jadi tersangka. “Bayangkan beberapa kali juga diperiksa KPK tidak bisa jadi tersangka tapi setelah ditangani Polri sudah jadi tersangka. Proses hukumnya terus berjalan,” kata Tito.

Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab yang pidato setelahnya mengajak massa mengapresiasi langkah Kepolisian RI. “Kita berikan apresiasi Kapolri yang telah menjadikan Ahok sebagai tersangka,” kata Habib Rizieq di panggung yang sama.

Tak kurang dari 1,5 juta masyarakat telah berkumpul di Silang Monas. Tak hanya massa, 500 dari total 27 ribu polisi mengenakan serban dan ikun melantunkan Asmaul Husna bersama massa. Polisi yang bertugas di area Patung Kuda pun tak dibekali senjata. Polri mengedepankan pengamanan persuasif dalam aksi ini. (jn03)

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...