Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Kawasan Industri Jateng Jadi Incaran Investor

JAKARTA, Jowonews.com – Jawa Tengah masih menjadi primadona bagu investor untuk menanamkan inveatasinya. Ini terlihat proyek investasi di kawasan industri yang masuk ke Jateng tahun ini.

Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) hingga akhir April 2016, sebanyak 31 proyek dengan nilai Rp55,5 triliun dan telah memanfaatkan fasilitas Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi (KLIK).

Proyek tersebar di beberapa kawasan industri di Jateng, Jabar, Jatim, Banten, Sulsel, Sumut.

Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal BKPM, Tamba mengatakan, ke-31 proyek tersebut tersebar di enam dari 14 kawasan industri yang telah ditetapkan pemerintah dan telah memanfaatkan lahan seluas 576,64 hektare.

“Dari 14 kawasan industri yang dapat KLIK, ada 31 proyek yang diminati, di mana 10 proyek sedang konstruksi. Sedangkan sisanya masih dalam tahapan minat, komitmen dan perizinan,” katanya.

Menurut Tamba, KLIK memiliki dua arti strategis, pertama adalah untuk mendukung pencapaian realisasi investasi nasional, kemudian yang kedua adalah terkait koordinasi pusat dengan daerah.

“Jadi dua-duanya ini sangat krusial, pencapaian target investasi dan refleksi koordinasi pusat dengan daerah,” ujarnya.

Tamba menilai, dengan adanya KLIK, investor akan diberikan berbagai kemudahan, di antaranya dapat langsung membangun proyek setelah memperoleh izin prinsip dari BKPM Pusat atau daerah sesuai kewenangan, sepanjang telah memenuhi ketentuan Tata Tertib Kawasan Industri (Estate Regulation).

“Sementara pengurusan izin-izin pelaksanaan seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Izin Lingkungan (UKL/UPL dan Amdal) dan perizinan pelaksanaan daerah lainnya dilakukan secara paralel sambil proses membangun dan nantinya perizinan-perizinan tersebut wajib dimiliki sebelum proyek produksi komersial,” jelasnya. (JN19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...