Jowonews

Logo Jowonews Brown

Keren, Boyolali Kembangkan Teknologi Barcode untuk Sapi

BOYOLALI, Jowonews.com — Pemerintah Kabupaten Boyolali mengembangkan terobosan teknologi dengan memasang “barcode” digital terhadap sapi untuk membantu masyarakat mengetahui secara detail riwayat hewan ternak tersebut.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali, Afiany Rifdania di Boyolali, Kamis mengatakan, kode barcode digital yang terbuat dari plastik tersebut akan dipasang di telinga hewan ternak untuk memantau secara detail sapi-sapi di Boyolali.

“Kode barcode yang dapat ‘discan’ (dipindai) dengan aplikasi ‘SIMAPI’ pada perangkat smartphone itu, akan menampilkan data sapi secara lengkap,” kata Afiany.

Menurut dia dengan barcode tersebut informasi detail mengenai sapi akan muncul, misalnya soal riwayat sapi, kesehatannya, asupan obat termasuk dosis yang diberikan ke ternak dapat diketahui.

Bahkan, kata Afiany, informasi mengenai vaksin terhadap ternak yang sudah diberikan, dan riwayat reproduksi juga akan tersaji secara runtut.

“Pada aplikasi itu, dapat menampung sebanyak 7.000 karakter. Jadi sangat banyak informasi yang diketahui, dengan teknologi ini, masyarakat akan terbantu,” katanya.

Dia menjelaskan, untuk tahap awal pemasangan barcode digital tersebut baru untuk ternak sapi perah sebanyak 5.000 ekor yang tersebar di Desa Banyuanyar, Kecamatan Ampel, dan Singosari, Mojosongo, Boyolali. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...