Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kerugian Kebakaran Mapolda Jateng Rp 37 M

SEMARANG, Jowonews.com– Kerugian akibat kebakaran markas Kepolisian Daerah Jawa Tengah pada Rabu (30/9) mencapai Rp37 miliar, kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jateng Komisaris Besar Liliek Darmanto. “Berdasarkan perhitungan Biro Perencanaan kerugian sekitar Rp37 miliar,” katanya di Semarang, Senin.

Ia menuturkan perhitungan tersebut, antara lain meliputi kerusakan gedung Rp12,5 miliar, bangunan aula Rp662 juta, serta berbagai mebel kantor yang mencapai Rp 53 juta. Menurut dia, masih ada berbagai barang yang ludes terbakar dalam peristiwa itu hingga ditotal telah menyebabkan kerugian hingga Rp37 miliar. Laporan kerugian akibat kebakaran itu, kata dia, akan segera dilaporkan ke pemerintah pusat.

Sebelumnya, Polda Jawa Tengah berencana membangun gedung berlantai enam di atas bangunan di komplek markas kepolisian tersebut yang terbakar hebat pada Rabu (30/9). “Akan dibangun kembali, rencananya berlantai enam,” kata Liliek.

Menurut dia, konsep gedung baru tersebut sudah dipaparkan dan disampaikan kepada Kapolda Inspektur Jenderal Nur Ali.

Selanjutnya, Kapolda Nur akan melapor ke Presiden mengenai rencana pembangunan tersebut. Salah satu gedung berlantai tiga di bagian tengah kompleks Markas Polda Jawa Tengah, Rabu (30/9), ludes terbakar.

Di gedung tersebut terdapat sejumlah satuan kerja, seperti Biro Sumber Daya Manusia, Inspektorat Pengawas Daerah, Direktorat Intelijen, Bagian Keuangan, Biro Perencanaan, dan ruang aula. Satuan-satuan kerja yang ruangannya terbakar tersebut, selanjutnya menggunakan gedung lain untuk operasional sementara.

Direktorat Intelijen dan Keamanan rencananya menggunakan bangunan di komplek Polsek Gajahmungkur Semarang. Inspektorat Pengawas Daerah akan menggunakan salah satu gedung di kompleks Rumah Sakit Bhayangkara.

Bagian Keuangan akan menggunakan aula Direktorat Lalu Lintas, sedangkan Biro Perencanaan dan Biro Sumber Daya Manusia akan menggunakan ruang di Direktorat Reserse Narkotika. (Jn16/ant)

BACA JUGA  Tembakan Membabi-buta, Enam Tewas di Michigan

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...